Beijing (ANTARA) - Shalat Idul Adha yang berlangsung di halaman Museum Nasional Taiwan, Taipei, Minggu pagi, membeludak dengan diikuti oleh sekitar 7.000 pekerja migran Indonesia yang sedang libur.

Ketua Tanfdiziyah Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Taiwan Didik Purwanto selaku penyelenggara kegiatan tersebut saat dihubungi dari ANTARA dari Beijing mengatakan bahwa shalat Id digelar dalam empat gelombang mulai pukul 06.30 hingga 09.00 waktu setempat (05.30-08.00 WIB).

Mayoritas PMI melaksanakan shalat Id pada Minggu karena libur kerja, meskipun asosiasi Muslim setempat (CMA) menetapkan Hari Raya Idul Qurban itu jatuh pada  Sabtu (9/7).

"Para PMI kita itu biasanya libur kerja rata-rata pada hari Ahad. Itulah kenapa banyak yang shalat Id pada hari ini," ujarnya.

Para PMI tidak terpengaruh dengan pemindahan tempat shalat Id tersebut. Biasanya PCINU Taiwan menyewa tempat untuk kegiatan shalat Idul Adha di Taipei Travel Plaza yang berada di sekitar Taipei Main Station.

Namun karena tempat tersebut sedang dipugar, maka pelaksanaan shalat Id dipindah ke Museum Nasional Taiwan yang jaraknya juga tidak jauh dari Taipei Main Station.

Hampir semua masjid di Taiwan, termasuk Taipei Grand Mosque menggelar shalat Idul Adha tahun ini pada hari Sabtu sesuai keputusan CMA.

Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) mengeluarkan surat izin kerja bagi PMI yang hendak melaksanakan shalat Idul Adha dengan mencantumkan dua hari, yakni Sabtu dan Minggu. Surat tersebut bisa digunakan para PMI untuk mengajukan izin libur kerja kepada para majikannya.

Tidak semua PMI, khususnya yang bekerja di sektor informal, mendapatkan libur kerja pada Sabtu dan Minggu. Kerja pada akhir pekan biasanya dikonversikan dengan upah lembur.

CMA tidak merekomendasikan penyembelihan binatang kurban di Kota Taipei dengan alasan kesehatan. Beberapa PMI memotong kambing di Kabupaten Hualien, kemudian dagingnya dibagikan kepada para PMI di Taipei.

Di Taiwan terdapat sedikitnya 250 ribu PMI yang sebagian besar bekerja pada sektor informal.

Shalat Id yang digelar PCINU Taiwan di halaman museum tersebut juga didukung oleh KDEI Taipei, BRI Taipei, Lazisnu Taiwan, Global Workers' Organization (GWO), Sincung Halal for Taiwan, dan Persaudaraan Setia Hati Terate.

Baca juga: Ribuan WNI shalat Id di 15 kota di Taiwan
Baca juga: PCINU Taiwan tidak gelar shalat Id, pertama kali dalam 11 tahun
Baca juga: Usai shalat Idul Adha di Taipei, WNI langsung kerja

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022