Jakarta (ANTARA) - Sektor penyimpanan barang dalam gudang di China terus mengalami rebound (pemulihan) pada Juni 2022, menurut survei yang dirilis bersama oleh Federasi Logistik dan Pembelian China dan CMST Development Co., Ltd.

Indeks yang mengukur perkembangan sektor tersebut naik 3,7 poin persentase dari Mei menjadi 53,9 persen pada Juni, masih bertahan di rentang ekspansi, menurut survei tersebut.

Persentase di atas 50 persen mengindikasikan ekspansi, sedangkan angka di bawah 50 persen menandakan kontraksi.

Wang Yong, wakil presiden CMST Development, mengaitkan pemulihan yang dialami sektor tersebut dengan meredanya disrupsi COVID-19, kestabilan ekonomi China, serta pemulihan signifikan dari segi permintaan maupun pasokan.

Subindeks yang mengukur pesanan baru dan rata-rata pendapatan inventori masing-masing naik lebih dari 6 poin persentase dan 8 poin persentase dari sebulan sebelumnya, papar Wang. Dia juga mengatakan bahwa hal itu mengindikasikan momentum pemulihan industri yang lebih kuat dan efektivitas dari langkah-langkah yang diambil guna memperlancar logistik.

Survei tersebut juga memprediksi pertumbuhan stabil di sektor tersebut di masa mendatang, mengingat peningkatan dalam hal pencegahan dan pengendalian epidemi, serta kebijakan untuk menstabilkan pertumbuhan ekonomi akan semakin mendongkrak permintaan dan pasokan.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022