Tangerang (ANTARA) - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Banten, mencatat sebanyak 3.538 hewan kurban di wilayahnya itu telah disembelih selama perayaan Idul Adha 1443 Hijriah atau 2022 Masehi.

"Untuk sementara ini kita mencatat 3.538 ekor hewan kurban disembelih pada Idul Adha tahun 2022," kata Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner pada Dinas Pertanian dan Ketahanan setempat, Hustri Windayani di Tangerang, Senin.

Ia menyebutkan dari sekitar 3.438 hewan kurban yang disembelih itu terdiri atas 832 ekor sapi, 19 ekor kerbau, 2.172 ekor domba dan 515 ekor kambing.

"Data ini dari seluruh kecamatan di Kabupaten Tangerang yang melaksanakan penyembelihan hewan kurban, termasuk yang masih kita lakukan pendataan sekarang di wilayah Solear, Sukamulya, Gunung Kaler," katanya.

Baca juga: PKS bagikan 13.700 paket daging kurban untuk warga Surabaya

Baca juga: Sapi milik Dedi Mulyadi ngamuk robohkan pagar rumah saat akan dipotong


Menurut dia, kemungkinan besar jumlah pemotongan hewan kurban di wilayahnya itu akan masih berkembang atau bertambah. Karena hingga kini masih ada masyarakat yang melaksanakan penyembelihan.

"Tentunya jumlah hewan kurban akan bertambah, karena sekarang juga kita masih melakukan pendataan. Dan untuk lokasi penyembelihan hewan kurban ada sekitar 260 lokasi tersebar di 29 kecamatan," ujarnya.

Ia mengatakan selama pelaksanaan pendataan dan pengawasan pemotongan hewan kurban oleh petugas, sejauh ini belum ditemukan adanya daging hewan yang terindikasi cacing hati.

Hanya satu sampai dua ekor hewan itu lebih mengarah ke terkena penyakit mulut dan kuku (PMK). Namun, secara umum kondisinya aman dan layak dikonsumsi.

"Dari laporan, hewan yang sudah disembelih umumnya sehat, kondisi bagus dan layak di konsumsi. Kita juga tidak menemukan daging kurban adanya cacing hati," ungkap dia.*

Baca juga: Kemenag serahkan sapi kurban ke Masjid Istiqlal

Baca juga: Cegah kuku mulut ternak, Mentan jalin kerja sama dengan BNPB

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022