Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa, memberikan pembekalan antikorupsi kepada para pengurus Partai Beringin Karya (Berkarya) dalam program Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu 2022.

"Saya kira kegiatan ini tentulah merupakan salah satu wujud nyata kecintaan kita (KPK dan partai politik) kepada bangsa dan negara," kata Ketua KPK Firli Bahuri saat memberikan sambutan dalam acara pembekalan tersebut di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa.

Pelaksana Tugas (Plt.) Juru Bicara Bidang Pencegahan KPK Ipi Maryati mengatakan pembekalan antikorupsi ini dihadiri oleh Ketua Umum (Ketum) Partai Berkarya Muchdi Purwoprandjono beserta sekitar 75 orang pengurus partai.

Baca juga: Mewujudkan parpol berintegritas melalui program PCB Terpadu

Sementara itu, pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Berkarya akan mengikuti kegiatan pembekalan antikorupsi ini secara virtual.

Lebih lanjut, Ipi menyampaikan bahwa Firli serta pejabat di Kedeputian Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK akan memberikan materi tentang penguatan integritas, sistem integritas partai politik (SIPP), dan pembahasan pembelajaran mandiri antikorupsi.

"Dalam kesempatan tersebut, Ketum Berkarya juga akan menandatangani 'Deklarasi Bersama Integritas Partai Politik'," tambah dia.

Baca juga: Ketua KPK yakin parpol miliki kematangan demokrasi hindari korupsi

Deklarasi tersebut merupakan komitmen dari partai politik (parpol) untuk menginternalisasi serta membangun integritas internal parpol dalam hal menolak politik uang, benturan kepentingan, suap, pemerasan, gratifikasi, dan tindak pidana korupsi lainnya.

Berikutnya, komitmen tentang kesediaan sebagai teladan dalam pemberantasan tindak pidana korupsi, kesediaan untuk meningkatkan pengetahuan antikorupsi, mengembangkan politik cerdas berintegritas melalui pembelajaran antikorupsi yang difasilitasi oleh Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, dan terlibat secara aktif dalam gerakan antikorupsi di lingkungan partai politik.

"Dalam rangkaian kegiatan PCB 2022 ini, Berkarya merupakan parpol kedelapan. Sebelumnya, KPK telah memberikan pembekalan antikorupsi kepada jajaran pimpinan dan pengurus dari tujuh parpol. Mereka adalah PAN, PBB, Demokrat, Gerindra, PDIP, Golkar, dan Hanura," kata Ipi.

Baca juga: KPK harap pimpinan parpol jadi benteng upaya pencegahan korupsi

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022