kami fokus ke produk yang kecil karena ada beberapa segmen masyarakat yang ingin emas Antam dengan kemasan kecil yang mudah terjangkau
Jakarta (ANTARA) - PT Emas Antam Indonesia, entitas anak dari PT Aneka Tambang Tbk (Antam) memasang target penjualan produk emas batangan dengan merek EmasKITA sebanyak tiga ton sepanjang tahun 2022.

Direktur Utama Emas Antam Indonesia Bambang Wijanarko mengatakan EmasKITA merupakan secondary brand Antam yang berkolaborasi dengan PT Hartadinata Abadi.

"Tahap awal ini target penjualan kami sekitar tiga ton setahun. Tahun lalu, kami baru mengeluarkan pecahan emas murni batangan ukuran 0,1 gram dan 0,25 gram," ujarnya dalam acara peluncuran produk EmasKITA di Jakarta, Selasa.

Bambang menyampaikan bahwa pihaknya menerbitkan 1 juta keping emas batangan produk EmasKITA pecahan 0,1 gram dan 0,25 gram dengan berat hanya beberapa ratus kilogram. Perusahaan telah menerbitkan emas batangan ukuran 1 gram ke 100 gram per Januari 2022.

Antam dan Hartadinata telah memetakan pasar di Indonesia, ada beberapa segmen masyarakat yang memang belum tersentuh baik dari sisi daerah maupun dari sisi kepercayaan masyarakat.

"Saat awal kerja sama, kami fokus ke produk yang kecil karena ada beberapa segmen masyarakat yang ingin emas Antam dengan kemasan kecil yang mudah terjangkau. Akhirnya, kami buat itu," kata Bambang.

Lebih lanjut ia menyampaikan ada pasar yang menginginkan produk emas batangan merek Antam, tapi karena harganya lebih kompetitif, jadi selama ini akhirnya mereka membeli produk-produk non Antam.

"Sebenarnya tingkat keyakinan mereka tidak seyakin mereka beli emas Antam. Mereka ingin beli Antam, tapi harganya premium, makanya kami ditugaskan untuk masuk ke segmen pasar yang itu juga dengan tetap menjaga kualitas Antam walaupun menggunakan brand kedua EmasKITA," terang Bambang.

Pada 12 Juli 2022, Antam dan Hartadinata merilis emas murni batangan yang memiliki teknologi perlindungan BullionProtect® guna mencegah pemalsuan produk emas murni batangan.

Teknologi perlindungan asal Swiss itu menjadikan produk emas murni batangan dengan merek dagang EmasKITA dapat dipegang secara langsung tanpa mengurangi keaslian emas tersebut.

Produk emas murni batangan dengan kemasan baru dan desain eksklusif tersebut memiliki ukuran 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

Direktur Utama Hartadinata Abadi Sandra Sunanto mengatakan pihaknya bersama Antam berkomitmen untuk selalu menghadirkan inovasi guna mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi emas.

"Teknologi ini menjadi salah satu inovasi yang ditawarkan kepada masyarakat supaya mereka merasa lebih aman dan percaya membeli produk emas," pungkas Sandra.

Baca juga: Antam dan Hartadinata rilis emas batangan anti pemalsuan
Baca juga: Harga emas Antam turun ke level Rp966 ribu per gram
Baca juga: MIND ID uji coba teknologi kecerdasan buatan untuk eksplorasi mineral

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022