Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta turut mengenang inisiatif Patih Purwokerto RA Wiriaatmadja dalam upacara Hari Koperasi ke-75 di kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa.

Peringatan Hari Koperasi bertema "Transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan" dengan slogan "Ayo Berkoperasi' tersebut dipimpin oleh Kepala Dinas PPKUKM
 Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo.

Ratu mengatakan, transformasi koperasi perlu segera dimulai mengingat sejarah atau cikal-bakal koperasi di Indonesia sudah diperkenalkan pertama kali oleh Patih RA Wiriaatmadja.


“Peringatan Hari Joperasi ini sekaligus ditujukan sebagai upaya transformasi koperasi, yakni mengubah citra koperasi model lama dan konvensional menjadi model baru dan profesional seiring dengan perkembangan zaman,” kata Ratu.

Baca juga: Koperasi angkutan laut usulkan peremajaan kapal di Kepulauan Seribu

Ratu mengatakan, koperasi yang dihadirkan oleh Patih Wiriaatmadja dahulu, setelah melihat banyak pegawai negeri yang tersiksa dan menikmati bunga terlalu tinggi dari rentenir pemberian kredit uang, telah diupayakan pembangunannya agar dapat terus tumbuh sejajar dengan badan usaha lainnya.

Dahulu, Patih Wiriaatmadja mendirikan "H
ulp en Spaarbank", lembaga perbankan yang mengadopsi model koperasi kredit "Raiffeisen" 
yang ada di Jerman untuk menolong para pegawai negeri dari cengkeraman lintah darat.

Ketika mengunjungi Jerman, Asisten Residen Belanda De Wolffvan Westerrode menanggapi tindakan Patih. Dia mengubah Bank Pertolongan Tabungan yang sudah ada menjadi Bank Pertolongan, Tabungan dan Pertanian.

Setelah masa itu, koperasi mulai cepat berkembang di Indonesia. 
Hal itu juga dinilai sifat orang-orang Indonesia yang cenderung bergotong-royong dan kekeluargaan sesuai dengan prinsip koperasi.


Baca juga: DKI diminta contoh DIY kembangkan usaha kecil

Untuk mengantisipasi perkembangan ekonomi yang berkembang pesat, Pemerintahan Hindia-Belanda pada saat itu juga mengeluarkan peraturan tentang perkoperasian.

“Perjalanan pembangunan koperasi dapat tumbuh sejajar dengan badan usaha lain, memiliki sensitivitas tinggi dalam pengembangan usaha dan diminati oleh generasi muda,” kata Ratu yang membacakan pidato dari Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Di tempat lain, jajaran pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan ziarah ke m
akam Bapak Koperasi Indonesia Mohammad Hatta di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Selasa.

Wakil Bupati Kepulauan Seribu Muhammad Fadjar Churniawan juga mengikuti ziarah tersebut. "Upacara ini digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-75 Koperasi," ujar Fadjar dalam keterangannya.

Ziarah dipimpin oleh Ketua Dewan Penasihat Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Jimly Asshiddiqie​​​​​​​. Jimly mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi gerakan ekonomi kebersamaan, ekonomi gotong-royong untuk Indonesia masa kini dan mendatang.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022