Bank of Korea (BOK) menaikkan suku bunga acuannya sebesar 50 basis poin menjadi 2,25 persen, ...
Seoul (ANTARA) - Bank sentral Korea Selatan pada Rabu menyampaikan kenaikan suku bunga setengah poin bersejarah untuk merebut kendali inflasi yang berjalan pada laju tercepat dalam 24 tahun.

Bank of Korea (BOK) menaikkan suku bunga acuannya sebesar 50 basis poin menjadi 2,25 persen, kenaikan terbesar sejak bank mengadopsi sistem kebijakan saat ini pada 1999, karena tekanan meningkat bagi pembuat kebijakan untuk bertindak lebih cepat.

Dua puluh tujuh dari 32 analis memperkirakan bank akan melakukan kenaikan setengah poin yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam jajak pendapat Reuters, sementara lima sisanya memperkirakan kenaikan seperempat poin.

Baca juga: Ekonom perkirakan suku bunga BI akan naik 2 kali pada semester II 2022

Keputusan tersebut dapat membantu mengekang pelemahan lebih lanjut won setelah mata uang tersebut jatuh 9,4 persen terhadap dolar AS tahun ini, menjadikannya salah satu yang berkinerja terburuk di antara pasar negara berkembang.

Langkah Rabu membuat BOK berada di garis depan pengetatan moneter global karena inflasi mengancam akan mengakar bagi negara miskin sumber daya itu yang bergulat dengan lonjakan harga energi, diperparah oleh perang di Ukraina.

Kenaikan yang lebih besar dari biasanya terjadi karena bank sentral utama lainnya termasuk bank sentral Kanada dan bank sentral Selandia Baru memberikan kenaikan suku bunga yang besar dalam beberapa pekan terakhir. Federal Reserve AS bulan lalu menaikkan suku bunga utamanya sebesar 75 basis poin dan diperkirakan akan melakukan langkah serupa.

"Kami melihat kenaikan 50 basis poin berturut-turut oleh BOK pada Juli dan Agustus kemungkinan kecil meskipun Gubernur Rhee dapat mempertahankan opsi kenaikan suku bunga tambahan +50 basis poin," kata analis Citigroup Kim Jin Woo.

"Konferensi pers dan pernyataan kebijakan moneter bank dapat menyoroti sikap 'pengetatan' kebijakan moneter preemptive untuk mengelola ekspektasi inflasi."

Baca juga: Bank sentral Filipina bisa naikkan suku bunga 100 basis poin tahun ini

Gubernur Rhee Chang-yong akan mengadakan konferensi pers pada pukul 02.10 GMT.

Sebagian besar analis memperkirakan suku bunga acuan Korea Selatan akan mencapai 2,75 persen pada akhir tahun ini, naik dari 2,25 persen dalam jajak pendapat Mei. BOK memperkirakan ekonomi akan tumbuh 2,7 persen tahun ini.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022