Kathmandu (ANTARA) - Nepal Smiling Children Project yang didanai oleh Dana Pembangunan Global dan Kerja Sama Selatan-Selatan China diluncurkan pada Senin (11/7) di Kathmandu, ibu kota Nepal, dengan 3.600 murid Nepal diperkirakan akan menerima manfaat dari proyek tersebut.

Liu Jianchao, Menteri Departemen Internasional Komite Sentral CPC (Communist Party of China/CPC), yang sedang dalam kunjungannya selama empat hari di Nepal, menghadiri upacara peluncuran proyek itu yang diadakan di sebuah sekolah menengah atas untuk umum, bersama dengan Menteri Energi, Sumber Daya Air, dan Irigasi Nepal Pampha Bhusal serta sejumlah kepala daerah.

Dalam upacara tersebut, Liu menekankan bahwa Nepal Smiling Children Project merupakan salah satu proyek yang pertama dilakukan oleh Dana Pembangunan Global dan Kerja Sama Selatan-Selatan di seluruh dunia, dan China telah mendorong serta mendukung sejumlah organisasi non-pemerintah dari kedua negara untuk meningkatkan pertukaran dan kerja sama guna mewujudkan manfaat nyata bagi kedua bangsa.
 
   Bhusal mengatakan bahwa "bantuan ekonomi dan teknis China telah memberikan kontribusi besar bagi pengembangan infrastruktur fisik, kesehatan, pendidikan, sumber daya air, dan olahraga Nepal."   


Bhusal berbicara tentang berbagai jenis bantuan yang ditawarkan kepada Nepal oleh negara tetangga di sebelah utaranya itu, mengatakan bahwa "bantuan ekonomi dan teknis China telah memberikan kontribusi besar bagi pengembangan infrastruktur fisik, kesehatan, pendidikan, sumber daya air, dan olahraga Nepal."   

Proyek "Smiling Children" dimulai pada 2015 dengan tujuan untuk menyediakan makanan bagi anak-anak yang kelaparan di beberapa negara berkembang, dan telah diperluas ke Ethiopia, Sudan, Nepal, Myanmar, dan Pakistan pada akhir 2021, memberikan manfaat kepada lebih dari 91.000 anak.

"Nepal membutuhkan bantuan China untuk pembangunan negara," tegasnya. "Pengalaman, teknologi, dan ekonomi China dapat membantu Nepal untuk bergerak menuju kemakmuran."

Keduanya kemudian membagikan makanan kepada beberapa murid dan mengunjungi ruang makan mereka.

Nepal Smiling Children Project yang didanai oleh Dana Pembangunan Global dan Kerja Sama Selatan-Selatan diselenggarakan bersama oleh Yayasan Pembangunan Pedesaan China (China Foundation for Rural Development/CFRD), atau yang sebelumnya dikenal sebagai Yayasan Pengentasan Kemiskinan China (China Foundation for Poverty Alleviation), dan Jaringan Lembaga Swadaya Masyarakat untuk Pertukaran Internasional China (China NGO Network for International Exchanges).
 
   Proyek "Smiling Children" dimulai pada 2015 dengan tujuan untuk menyediakan makanan bagi anak-anak yang kelaparan di beberapa negara berkembang.


Nepal Smiling Children Project, yang diluncurkan pada Mei 2020, saat ini mencakup 3.600 murid di distrik-distrik Kathmandu, Dolakha, Mahottari, dan Saptari, menurut Zou Zhiqiang, Kepala Perwakilan Kantor CFRD di Nepal. Selesai


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022