Jakarta (ANTARA) - China melaporkan momentum pemulihan yang signifikan dalam hal jumlah perjalanan udara serta volume surat dan kargo pada paruh pertama (H1 atau semester I) 2022, seperti diungkapkan otoritas penerbangan sipil negara itu pada Selasa (12/7).

Sebanyak hampir 118 juta perjalanan penumpang dilakukan dari Januari hingga Juni, menurut Administrasi Penerbangan Sipil China (Civil Aviation Administration of China/CAAC).

Jumlah perjalanan penumpang yang tercatat pada Mei dan Juni masing-masing melonjak 53,2 persen dan 82,2 persen secara bulanan (month on month), dengan perjalanan penumpang dalam satu hari melampaui angka 1 juta pada 29 Juni, menurut data CAAC.

Jumlah perjalanan pada Juni tercatat sekitar 46,2 persen dari jumlah yang dilaporkan pada periode yang sama pada 2019, menunjukkan pemulihan yang stabil, tambah CAAC.

Volume surat dan kargo mencapai sekitar 3,08 juta ton pada H1 tahun ini, dengan volume pada Juni mencatat pemulihan hingga 89,7 persen dari jumlah yang dilaporkan pada periode yang sama pada 2019, menurut administrasi itu.

Pada bulan lalu, volume kargo udara internasional meningkat 1,8 persen secara tahunan (year on year/yoy), sebut CAAC, menunjukkan tingginya permintaan pasar untuk kargo internasional penerbangan sipil.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022