sudah masuk dalam kalender kegiatan Kota Bogor yang akan diikuti 390 peserta
Kota Bogor (ANTARA) - Sebanyak 390 pesepeda  ikut serta dalam ajang Bogor, Cianjur, Sukabumi (Bocimi) Loop 2022 sepanjang 130 Kilometer dalam rangkaian Hari Jadi Kota Bogor (HJB) ke-540  pada Sabtu (16/7).

Kepala Dispora Kota Bogor, Herry Karnadi di Kota Bogor, Rabu, mengatakan kegiatan tersebut masuk dalam kalender kegiatan Kota Bogor yang bertujuan membangkitkan ekonomi daerah melalui wisata olahraga.
.
Herry  menyampaikan Plh Wali Kota Bogor Dedie Rachim  berkenan melepas  pesepeda yang akan  mengelilingi tiga daerah dengan titik start dari mal BTM.
 
“Kami berharap kegiatan ini bisa menggairahkan olahraga, khususnya sepeda di Kota Bogor. Apalagi, semua kegiatan olahraga di Kota Bogor sudah diarahkan mengusung konsep sport tourism," katanya.
 
Herry mengatakan peserta akan terlebih dahulu melakukan big ride (rombongan) dari Jalan Ir. H. Juanda, ke Jalan Jalak Harupat, Jalan Pajajaran hingga Jalan Siliwangi (Ekalokasari) yang dipimpin dirinya. Kemudian para pesepeda akan dilepas bersepeda ke tiga daerah untuk mengejar target waktu dan kemudian beristirahat di Kota Bogor.
 
"Diharapkan yang dari luar kota bisa menginap dan berbelanja di Kota Bogor,” ungkapnya.
 
Herry menjelaskan peserta telah melalui pendaftaran yang dibuka secara umum dan telah ditutup menjelang pelaksanaan kegiatan beberapa hari ke depan.
 
Ketua Panitia, Bocimi Loop 2022, Hilmi menyampaikan, kegiatan ini diikuti peserta dari berbagai kota di Indonesia dan mancanegara, seperti Palembang, Semarang, Jabodetabek dan kota-kota lainnya, termasuk delapan peserta dari Jepang, Austria, dan Belanda.
 
Hilmi menuturkan, kegiatan ini bertajuk bersepeda jarak jauh berbatas waktu dengan ketentuan maksimal 10 jam. Dalam acara ini pihaknya juga ingin menunjukkan bahwa sepeda tertib lalu lintas dan berbagi jalan atau share the road.
 
“Acara ini merupakan rangkaian HJB ke-540 dan menyemarakkan HUT Bhayangkara ke-76," ujarnya.
Baca juga: Gowes Jakarta-Bogor-Bandung, BKKBN sosialisasi pencegahan "stunting"
Baca juga: Mensos tinjau balai perakitan sepeda motor disabilitas di Bogor
 
 

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022