Jakarta (ANTARA) - Kapten tim nasional bola basket Korea Selatan, Lee Dae-sung, mengaku tidak menyangka atas dukungan deras yang datang dari penonton Indonesia dalam penampilan mereka di Piala FIBA Asia 2022 sejauh ini.

Tribun Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, kembali dipadati sejumlah remaja-remaja Indonesia yang membawa bendera Korsel serta banner bertuliskan abjad Hangeul ketika Lee dkk melanjutkan penyisihan Grup B dengan mengalahkan Taiwan 87-73 pada Kamis.

Lee menilai kehadiran para penonton Indonesia suporter Korsel itu cukup berperan besar dalam memantik semangat dirinya dan rekan-rekan sepanjang laga.

"Saya sangat berterima kasih kepada mereka. Saya sama sekali tidak menyangka akan banyak penonton Indonesia yang jadi pendukung kami, dan dukungan mereka sungguh menambah semangat kami," kata Lee kepada awak media setelah pertandingan.

Baca juga: Korsel rebut puncak Grup B Piala FIBA Asia usai tundukkan Taiwan

Lee memperkirakan keberadaan Heo bersaudara, Heo Ung dan Heo Hoon, di timnas Korsel cukup menyedot perhatian warga Indonesia yang menikmati industri K-Pop maupun tayangan-tayangan televisi Negeri Ginseng itu.

"Saya pikir keberadaan Heo bersaudara cukup mempengaruhi hal itu. Sekali lagi saya sangat berterima kasih atas dukungan publik Indonesia," ujarnya.

Pemain Korsel lainnya Heo Ung turut mengapresiasi kehadiran penggemar asal Indonesia dalam pertandingan-pertandingan timnya di Piala FIBA Asia sejauh ini.

Kakak dari Heo Hoon itu berharap ia dan rekan-rekannya bisa membalas derasnya dukungan penonton Indonesia dengan menyajikan penampilan yang bagus sepanjang turnamen.

"Empat tahun lalu bola basket Korea tidak sepopuler ini, kemudian kami berusaha mempromosikannya agar lebih banyak orang yang datang menyaksikan pertandingan kami," katanya.

Baca juga: Marques Bolden masuk nominasi debut terbaik Piala FIBA Asia 2022

"Sungguh menyenangkan banyak fan memberi dukungan, rasanya nyaris seperti main di kandang sendiri, dan semoga semakin banyak suporter hadir di pertandingan selanjutnya. Kami berharap bisa menyajikan penampilan bagus sepanjang turnamen," ujar Heo melengkapi.

Kemenangan atas Taiwan memastikan Korsel bercokol di puncak klasemen Grup B tanpa terpengaruh pertandingan lain antara Bahrain kontra China yang berlangsung lebih larut.

Korsel kini hanya berjarak satu kemenangan untuk memastikan satu tempat di babak perempat final. Di laga terakhir mereka bakal bertemu Bahrain pada Sabtu (16/7) mulai pukul 11.00 WIB.

Baca juga: Lebanon enggan dilamun euforia kemenangan atas Filipina

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022