Jakarta (ANTARA) -
Tim nasional mengganti waktu latihan dari pagi dan sore menjadi malam hari menjelang FIBA 3X3 Asia Cup 2024 di Singapura pada 27-31 Maret.

Manajer Operasional Timnas 3X3 Indonesia Rizky Julian mengatakan bahwa guna berlaga dalam FIBA 3x3 Asia Cup tahun ini, timnas 3X3 putra dan putri telah menyesuaikan jadwal latihan dari yang sebelumnya dua kali menjadi satu kali selama Ramadhan.

"Latihan taktik dan teknik berlangsung dua jam setiap harinya mulai pukul 20.00 WIB. Kemudian pada Senin, Rabu, Kamis pemain ada latihan juga di gym," kata Rizky dalam keterangan tertulis dalam laman Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) yang dipantau ANTARA di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan, para pemain akan terus berlatih hingga hari pemberangkatan pada 26 Maret 2024 dan melakukan pemusatan latihan di Lapangan Respect Basketball Arena De Latinos BSD City.

Menurut dia, para pemain telah berlatih sejak 19 Februari di bawah asuhan pelatih Fandi Andika Ramadhani.

Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi mengaku telah menetapkan target di Singapura nanti.

Baca juga: Timnas basket 3X3 jalani pertandingan uji coba sebelum ke Singapura

"Untuk timnas 3X3 putri minimal mempertahankan capaian sebelumnya (peringkat ketiga). Sementara untuk putra, mampu melewati babak kualifikasi," ujar Nirmala.

Pada FIBA 3X3 Asia Cup 2022 di Singapura, timnas 3X3 Putri menyabet peringkat ketiga  setelah menundukkan Jepang 21-17 yang memutus dominasi tim dari Asia Timur sehingga Indonesia semakin diperhitungkan dalam ajang internasional.

Tahun ini timnas putri Indonesia akan memulai dari babak kualifikasi bersama India, Hong Kong, dan Kepulauan Mariana Utara di Grup C.  Mereka memulai perjuangan 27 Maret nanti melawan Hong Kong. sebelum menjajal India dan Kepulauan Mariana Utara.

Jika lolos kualifikasi, timnas putri akan masuk Grup D bersama Australia dan Selandia Baru pada babak berikutnya.

Sementara timnas putra tergabung dalam Grup B bersama Sri Lanka, Korea Selatan, dan Kepulauan Mariana Utara.

Serigne Modou Kane dkk akan menjalani dua laga sekaligus pada 27 Maret, melawan Sri Lanka, dan kemudian Korea Selatan, sebelum diuji Kepulauan Mariana Utara keesokan harinya.

Baca juga: Perbasi: Timnas 3X3 Indonesia latihan seperti biasa selama Ramadhan

Bila lolos, timnas putra bertemu dengan Mongolia dan Thailand pada fase berikutnya dalam Grup B.

Naik timnas putra maupun putri 3X3 diperkuat enam pemain.

Jesslyn Angelique Aritonang, Faizzatus Shoimah, Tasya Hery Saputera, Angelica Jennifer Chandra, Lea Elvensia Wolobubo Kahol, dan Aimee Tampu Francienne, bergabung bersama tim putri.

Sedangkan tim putra terdiri dari Serigne Modou Kane, Erick Ibrahim Junior (Dewa United), Muhammad Daffa Shaldy (Devils Medan), Muhammad Naufal Alifiq (BBM CLS Knights), Yogi Saputra Chan (Amartha Hangtuah), dan Muhammad Ivan Rizky Ramdani dari Sulawesi Selatan.

Sebelum diberangkatkan 26 Maret nanti, mereka akan disaring kembali sehingga hanya ada empat pemain untuk putra dan putri.

Baca juga: Perbasi tempuh regenerasi pemain untuk Timnas 3x3

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024