Jakarta (ANTARA) -
Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP PERBASI), Nirmala Dewi, berharap semangat pemain tim nasional putri U-18 tetap terjaga, guna mengikuti FIBA U-18 Women’s Asia Cup 2024 Division A di Senzhen, China.
 
Ia menjelaskan, semangat 18 pemain yang telah lolos seleksi nasional pada 22-24 Maret lalu itu harus terus menyala, karena mereka dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi internasional tersebut pada 24-30 Juni 2024.
 
"Kami sangat berharap semangat ini tetap terjaga sampai nanti kejuaraan (FIBA U-18 Women’s Asia Cup 2024) berlangsung, sehingga hasil maksimal yang kami harapkan bersama bisa tercapai," kata Nirmala dalam keterangan tertulis di laman resmi PP PERBASI yang dipantau ANTARA di Jakarta, Senin.
 
Ia mengapresiasi semangat para pemain yang lolos, setelah mencurahkan segala kemampuannya saat seleksi yang diikuti sebanyak 54 pemain dari sejumlah wilayah di Indonesia.
 
Menurut dia, setelah lolos seleksi dan mengikuti training center (TC) di Bali sejak 25 Maret, para pemain terlihat masih sangat antusias saat berlatih setiap hari, sehingga kondisi itu harus terus dijaga guna menghadapi kompetisi nanti.

Baca juga: Usai seleksi, 18 pemain ikut TC Timnas Basket Putri U-18 di Bali
 
Ia menambahkan, para pemain hasil seleksi itu berpeluang menjadi penggawa timnas senior ke depan, sehingga momentum latihan bersama selama TC di Bali harus dimaksimalkan, guna mematangkan performa Srikandi muda sebagai satu tim.
 
Sebanyak 18 pemain tim nasional basket putri U-18 dari sejumlah daerah di Indonesia lanjut mengikuti TC, setelah lolos seleksi pada 22-24 Maret lalu.
 
TC dilakukan di GOR Merpati, Denpasar, Bali, pada 25 Maret hingga 7 April.
 
Manajer Timnas Basket Putri U-18, Dedy Setiawan, mengatakan seleksi tetap masih terbuka untuk pemain yang saat diundang ikut seleksi berhalangan hadir, karena masih fokus dengan pendidikannya di luar negeri.
 
Para pemain itu adalah Jasmine Prajitno dan Justine Parjitno asal Jawa Barat. Kemudian, Maxine Maria Sutisna dan Evangeline Clarissa Djohan asal DKI Jakarta.
 
Selanjutnya, ada Callista Gabrielle Purwadi dan Felicitas Mikayla Purwadi asal Banten.
 
"TC sifatnya masih promosi dan degradasi karena dari seleksi kemarin terpilih 18 nama, dan yang masih akan kami pantau ada 6 nama lagi yang kebetulan mereka sedang sekolah di Amerika Serikat," ujar Dedy.

Baca juga: Perbasi persiapkan Timnas Putri U-18 untuk FIBA Asia Cup 2024

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024