Jakarta (ANTARA) -
Tim Nasional Bola Basket 3X3 Indonesia akan menjalani dua pertandingan uji coba pada Kamis malam dan Jumat (15/3) sebelum berangkat ke Singapura pada 26 Maret untuk berlaga di FIBA 3x3 Asia Cup 2024, 27-31 Maret.
 
Pelatih timnas 3x3 putra dan putri Fandi Andika Ramadhani mengatakan setelah menjalani dua kali jadwal latihan per hari dalam beberapa pekan terakhir, pemain akan dihadapkan pada pertandingan uji coba pertama pada Kamis malam ini.
 
"Uji coba akan kami lakukan dua kali, yaitu 14 dan 15 Maret. Uji coba ini untuk melihat sejauh mana pemain menyerap materi latihan selama ini," kata pelatih yang kerap disapa Rama itu, dalam laman resmi Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) yang dipantau ANTARA di Jakarta, Kamis.
 
Ia membeberkan, lawan timnas putra dan putri dalam uji coba nanti adalah Tim DKI Selection. Khusus Tim Putri DKI Selection akan dipimpin penggawa Timnas Basket Putri Priscilla Annabel Karen.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, setelah menjalani pertandingan uji coba itu, rencananya dalam pekan ini dirinya bersama tim pelatih sudah memilih empat pemain baik di tim putri maupun putra, sehingga akan lebih fokus untuk pemantapan tim.
 
Ia menambahkan, dalam FIBA 3X3 Asia Cup tahun ini, Indonesia akan memulai dari babak kualifikasi.
 
Berdasarkan hasil undian, timnas putri tergabung di Grup C bersama India, Hong Kong, dan Kepulauan Mariana Utara.
 
Timnas 3X3 putri akan memulai perjuangan pada 27 Maret melawan Hong Kong. Sehari kemudian dua kali tanding melawan India dan Kepulauan Mariana Utara.
 
"Jika lolos timnas putri di tahap selanjutnya akan tergabung di Grup D bersama Australia dan Selandia Baru," ujar Rama.

Baca juga: Perbasi: Timnas 3X3 Indonesia latihan seperti biasa selama Ramadhan
 
Kemudian, untuk timnas putra akan memulai perjuangan di babak kualifikasi dari Grup B. Di grup itu, skuad Garuda akan bertemu dengan Sri Lanka, Korea Selatan, dan Kepulauan Mariana Utara.
 
Menurut jadwal, lanjut dia, Serigne Modou Kane dkk akan menjalani dua laga sekaligus pada hari pertama (27/3). Dimulai dengan bersua Sri Lanka lalu berlaga melawan Korea Selatan, sisanya melawan Kepulauan Mariana Utara pada esok harinya.
 
Jika lolos Timnas 3X3 putra akan bertemu Mongolia dan Thailand pada fase berikutnya di Grup B.
 
Mantan pemain nasional itu menekankan para pemain agar fokus pada game by game, sehingga bisa lolos dari babak kualifikasi.
 
Saat ini timnas 3X3 putra dan putri diperkuat masing-masing enam pemain.
 
Untuk putri, diisi Jesslyn Angelique Aritonang, Faizzatus Shoimah, Tasya Hery Saputera, Angelica Jennifer Chandra, Lea Elvensia Wolobubo Kahol, dan Aimee Tampu Francienne.
 
Aimee disiapkan untuk menggantikan Adelaide Callista Wongsohardjo yang sebelumnya masuk daftar panggil timnas. Namun, izin karena ingin fokus sekolah setelah sebelumnya selalu memperkuat timnas.
 
Lalu, tambah Rama, untuk timnas 3x3 putra, enam pemain yang disiapkan adalah Serigne Modou Kane, Erick Ibrahim Junior (Dewa United), Muhammad Daffa Shaldy (Devils Medan), Muhammad Naufal Alifiq (BBM CLS Knights), Yogi Saputra Chan (Amartha Hangtuah), dan Muhammad Ivan Rizky Ramdani dari Sulawesi Selatan.

Saat pemberangkatan, tim akan disaring kembali, sehingga hanya ada empat nama untuk masing-masing kategori putra dan putri.
 
Seluruh pemain menjalani pemusatan latihan di Lapangan Respect Basketball Arena De Latinos BSD City sejak 19 Februari.
 
Sementara itu, pada FIBA 3x3 Asia Cup 2022 di Singapura, tim nasional putri sempat mencatatkan sejarah. Para srikandi itu mampu meraih peringkat ketiga dengan mengalahkan Jepang 21-17.
 
Prestasi itu memutus dominasi tim dari Asia Timur, sehingga Indonesia semakin diperhitungkan di kancah internasional tersebut.

Baca juga: Perbasi bertekad raih minimal juara 3 putri FIBA 3X3 Asia Cup
Baca juga: Perbasi persiapkan skuad untuk FIBA 3x3 Asia Cup 2024

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024