Minimal kami mau meraih gelar juara itu (peringkat 3) lagi
Jakarta (ANTARA) -
Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) bertekad untuk meraih minimal juara 3 putri dalam ajang FIBA 3X3 Asia Cup yang akan berlangsung mulai 27-31 Maret 2024 di Singapura.
 
Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi mengatakan timnas putri pada FIBA 3X3 Asia Cup 2022 meraih juara 3 setelah mengalahkan Jepang, sehingga pihaknya menargetkan minimal bisa merebut prestasi serupa pada 2024.
 
"Minimal kami mau meraih gelar juara itu (peringkat 3) lagi," kata Nirmala kepada ANTARA melalui telepon di Jakarta, Rabu.
 
Ia membeberkan, saat ini para pemain sedang mengikuti pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Surabaya dan berlatih seperti biasa.
 
"Walaupun ada yang berpuasa, para pemain tetap berlatih seperti biasa dan tetap semangat," ujar dia.

Baca juga: Perbasi: Timnas 3X3 Indonesia latihan seperti biasa selama Ramadhan
 
Lebih lanjut Nirmala membeberkan, Indonesia harus menjalani babak kualifikasi terlebih dahulu pada ajang tahun ini.
 
Indonesia akan berjuang dalam laga Kualifikasi Grup C bersama India, Hong Kong, dan Pulau Mariana Utara. Jika lolos kualifikasi, timnas 3x3 putri Indonesia akan berhadapan dengan Malaysia dan Mongolia di babak utama Grup C.
 
Ia menjelaskan, timnas putri dijadwalkan bertemu Hong Kong pada 27 Maret, kemudian dua pertandingan selanjutnya melawan India dan Pulau Mariana Utara yang berlangsung 28 Maret.
 
Sedangkan untuk pemain, skuad timnas putri yang sedang fokus mengikuti pelatnas saat ini, yaitu Jesslyn Angelique Aritonang, Adelaide Callista Wongsohardjo, Faizzatus Shoimah, Tasya Hery Saputera, Angelica Jennifer Chandra, dan Lea Elvensia Wolobubo Kahol.

Baca juga: Perbasi persiapkan skuad untuk FIBA 3x3 Asia Cup 2024
 
Nirmala memastikan bahwa timnas basket 3X3 putri Indonesia tetap latihan seperti biasa saat bulan puasa atau Ramadhan, selama pemusatan latihan nasional (pelatnas).
 
Mereka akan tetap melakukan latihan pada pagi dan sore hari selama pelatnas di Surabaya.
 
Pada FIBA 3x3 Asia Cup 2022 di Singapura, tim nasional putri sempat mencatatkan sejarah. Para srikandi itu mampu meraih peringkat ketiga dengan mengalahkan Jepang 21-17.
 
Prestasi itu memutus dominasi tim dari Asia Timur, sehingga Indonesia semakin diperhitungkan di kancah internasional tersebut.

Baca juga: Perbasi tempuh regenerasi pemain untuk Timnas 3x3

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024