Jakarta (ANTARA) -
Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) membuat penataran Delegasi Teknik Nasional (Technical Delegate) di Kota Bogor, Jawa Barat, pada 19-21 April 2024.

Dalam unggahan Instagram resmi Perbasi yang dipantau ANTARA di Jakarta, Kamis, kegiatan yang diselenggarakan di Whizz Prime Hotel, Bogor, itu menghadirkan pembicara Wong Chun Min selaku delegasi teknik dari Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).

Kegiatan diketahui terbuka untuk umum, sehingga siapa pun khususnya pecinta bola basket Tanah Air, bisa mendaftar guna mengikuti kegiatan tersebut.

Delegasi teknik adalah personel berlisensi dengan kemampuan manajerial penyelenggaraan dan teknis pertandingan bola basket yang diberikan tugas oleh Perbasi sesuai jenjang atau level pertandingan.

Delegasi itu memiliki kewajiban mengawal sebuah pertandingan, sehingga harus berjalan sesuai dengan regulasi FIBA atau Perbasi, baik pertandingan yang dijalankan oleh klub atau event organizer.

Baca juga: Perbasi siapkan 15 atlet muda jalani latihan enam bulan di Lithuania

Terdapat sejumlah tugas yang harus dijalani oleh delegasi teknik berdasarkan informasi dari Perbasi.

Tugas pertama, yaitu melakukan inspeksi lapangan, lampu, serta kelengkapan dalam penyelenggaraan pertandingan.

Kemudian, menyiapkan technical handbook selain peraturan dan sistem pertandingan yang mengacu kepada jumlah peserta atau tim.

Lalu yang ketiga, delegasi teknik harus memimpin technical meeting dan manager meeting, sesuai regulasi FIBA atau Perbasi.

Sedangkan yang terakhir, delegasi teknik menerima hasil pertandingan, serta menyelesaikan dan melaporkan segala persoalan dalam penyelenggaraan kegiatan atau kejuaraan ke Perbasi.

Baca juga: Perbasi persiapkan skuad pemain muda untuk kejuaraan di 2024

Baca juga: Perbasi harap Prawira susul PJ ke Kualifikasi BCL Asia 2024 Putaran 2

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024