Jakarta (ANTARA) - Aryna Sabalenka berhasil selamat dari tekanan petenis remaja Robin Montgomery dalam tiga set untuk melaju ke babak 16 besar Madrid Open.

Petenis putri nomor dua dunia itu mengalahkan Montgomery yang berusia 19 tahun dengan 6-1, 6-7(5/7), 6-4 dalam pertarungan dua setengah jam.

Petenis Belarus itu memulai upayanya mempertahankan gelar Madrid dengan lambat di babak kedua dengan kemenangan tiga set atas Magda Linette dan sekali lagi diuji setelah merebut set pertama dengan mudah.

"Saya sangat senang dengan kemenangan ini, dia memainkan permainan yang luar biasa," kata, seperti disiarkan AFP, Senin.

"Saya mengharapkan hal seperti itu, dia masih muda, saya melihat permainannya dan saya bersiap untuk pertarungan hebat."

Sabalenka melakukan break dua kali untuk memimpin 5-1 melawan Montgomery, yang bertarung dengan baik di gim terakhir, menyelamatkan tiga set point sebelum Sabalenka memastikan kemenangan.

Petenis Amerika itu memukul dua ace untuk bertahan pada gim pertama set kedua, menunjukkan bahwa ia tidak akan menyerahkan kemenangan begitu saja kepada juara Grand Slam dua kali itu.

Sabalenka selamat dari dua set point pada tie-break yang mencekam sebelum petenis peringkat 183 Montgomery memaksa ke set penentuan.

Juara Australian Open berusia 25 tahun itu melakukan break pada gim kedua tetapi Montgomery langsung membalas.

Sabalenka membawa tiga match point pada gim ke-10, mengambil kesempatan ketika Montgomery melepaskan pukulan ke net.

Sementara itu, petenis peringkat empat dunia Elena Rybakina meraih kemenangan 6-1, 6-4 atas petenis Mesir Mayar Sherif untuk mencapai babak 16 besar.

Petenis Kazakhstan, yang memimpin tiga gelar tur musim ini setelah meraih kemenangan di Stuttgart pekan lalu, itu mematahkan servis dua kali pada set pertama untuk unggul 5-0 di turnamen tanah liat Spanyol, sebelum menyamakan kedudukan pada set kedua.

Rybakina akan menghadapi petenis remaja Sara Bejlek di babak berikutnya setelah petenis Ceko itu mengalahkan petenis AS Ashlyn Krueger 6-3, 6-1.

Mirra Andreeva mengalahkan juara Wimbledon Marketa Vondrousova 7-5, 6-1 untuk kembali ke babak 16 besar untuk tahun kedua berturut-turut.

Petenis Rusia, yang berulang tahun ke-17 pada Senin, itu memenangi 25 poin pada set kedua melawan petenis peringkat tujuh dunia asal Ceko tersebut.

Baca juga: Sabalenka dan Gauff tersingkir dari Stuttgart Open

Baca juga: Sabalenka bertekad taklukkan lapangan tanah liat Stuttgart

Baca juga: Sabalenka tersingkir dari Miami Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024