Jakarta (ANTARA) - Unggulan kedua Aryna Sabalenka maju ke babak 16 besar BNP Paribas Open setelah menang 6-3, 7-5 atas sesama juara Grand Slam Emma Raducanu dalam turnamen WTA 1000 di Indian Wells, Senin waktu setempat.

Runner-up Indian Wells tahun lalu itu  membutuhkan waktu 95 menit untuk melewati lawannya yang juara US Open 2021, dalam pertemuan pertama mereka.

Juara Australia Open dua kali berturut-turut itu meningkatkan rekor menang-kalahnya pada 2024 menjadi 13-2.

"Saya tahu levelnya (Raducanu) dan dia bisa memainkan permainan tenis yang hebat," kata Sabalenka seperti dilaporkan WTA pada Selasa.

"Tetapi pada momen-momen penting itu, saya fokus pada diri saya sendiri dan hal-hal yang harus saya lakukan di lapangan agar bisa tampil di lapangan ini dengan baik."

Petenis berperingkat dua dunia itu gagal di Indian Wells tahun lalu setelah dikalahkan Elena Rybakina dalam final, namun masih menjadi peraih gelar lima kali level WTA 1000 sepanjang kariernya, dengan terakhir terjadi di Madrid tahun lalu.

Sabalenka kian dekat merengkuh gelar WTA 1000 keenam dan meningkatkan catatan head to head menjadi 6-0 dengan Raducanu.

Baca juga: Gauff lewati Bronzetti untuk melaju ke babak 16 besar Indian Wells

Dia juga menggagalkan kemenangan 10 besar pertama bagi Raducanu yang kini memiliki catatan 0-6 melawan petenis berperingkat 10 besar.

Pada babak sebelumnya, Sabalenka selamat dari pertarungan sengit melawan Peyton Stearns dengan melewati empat match point sebelum mengalahkan petenis Amerika itu pada tiebreak set ketiga.

Kelelahan itu tak berbekas kala menghadapi Raducanu. Dia memimpin 5-2 pada set pertama, sebelum memenangkan set ini  dengan servis keras pada momen-momen penting. 

Sabalenka mencatat 19 winner dan sembilan kesalahan sendiri pada set pertama.

Raducanu bangkit pada kedua sampai memaksa kedudukan 5-5. Namun, Sabalenka menghapus peluang terakhir kalinya Raducanu untuk menutup kemenangan pada match point keempat setelah dua kali berturut-turut melepaskan forehand.

"Tentu saja saya senang sekali bisa menutup pertandingan ini dalam dua set, dan gim terakhir berlangsung ketat. Saya merasa pertandingan terakhir seperti momen penting," kata Sabalenka.

Sabalenka akan menghadapi pemenang pertandingan antara unggulan No.16 Elina Svitolina dan unggulan No.23 Emma Navarro.

Sabalenka unggul head-to-head 2-1 atas Svitolina, tapi belum pernah menghadapi Navarro.

Baca juga: Aldila menang dramatis untuk melaju ke babak 16 besar Indian Wells
 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024