Jakarta (ANTARA) - Aryna Sabalenka masih mencerna fakta bahwa dirinya mampu mempertahankan gelar Australian Open.

Hal itu diungkapkan dalam sesi foto sang juara Australian Open 2024, Minggu. Mengenakan gaun putih dengan panjang medium, Sabalenka berpose dengan piala yang diidam-idamkannya dan menyemprotkan sampanye di halaman Royal Exhibition, Carlton Gardens.

"Beberapa pekan ini ada sedikit tekanan bagi saya, namun sejak tahun lalu saya mengubah mentalitas dan pendekatan saya terhadap tenis," ujar Sabalenka, seperti disiarkan laman resmi Australian Open.

"Sejak saat itu (lebih mudah) untuk menangani tekanan karena kami bersenang-senang di luar lapangan, hanya berusaha bekerja keras ketika saya berada di lapangan tetapi di luar lapangan, cobalah melupakan kehidupan tenis dan menjauhi itu, dan saat saya berada di lapangan saya sudah siap."

"Ini merupakan tantangan, tapi saya sangat senang bisa fokus pada diri saya sendiri, pada permainan saya, dan pada hal-hal yang harus saya lakukan," kata petenis Belarusia itu.

"Setelah match point itu, saya merasa lega, inilah waktunya untuk bernapas normal dan mengambil langkah mundur, memahami apa yang baru saja terjadi, istirahat sebentar dan melanjutkan hidup."


Baca juga: Sabalenka taklukkan Zheng untuk pertahankan gelar Australian Open


Sabalenka, yang tak kehilangan satu set pun dalam perjalanannya meraih gelar juara Australian Open 2024, mengaku bahwa gelar major pertamanya di Melbourne Park tahun lalu lebih menantang.

"Yang pertama yang paling sulit, lebih emosional, bermain di final pertama benar-benar emosional bagi saya, itu adalah pertarungan yang sangat sulit," kata petenis peringkat dua dunia itu.

"Yang kedua masih sulit, ini adalah tekanan yang lain, ini adalah emosi yang lain, tetapi jika kita berbicara tentang keduanya, saya pikir yang pertama adalah yang paling sulit tetapi yang ini masih tidak mudah."

Jika semua berjalan sesuai rencana, kemenangan Australian Open Sabalenka dapat menjadi batu loncatan untuk meraih kesuksesan lebih besar di musim 2024.

"Kemenangan ini benar-benar sesuatu yang luar biasa, ini memberi saya lebih banyak keyakinan bahwa saya bisa tampil baik di Grand Slam, dan ini memberi saya dorongan energi untuk sisa musim ini," ujar petenis berusia 25 tahun itu.

Dia bersemangat untuk menambahkan lebih banyak lagi trofi turnamen major ke dalam koleksinya dan merebut kembali peringkat No.1 dunia yang dia pegang pada September lalu.

"Saya senang bahwa semua yang kami kerjakan di pramusim berjalan dengan baik dan kami akan terus memperkuat itu dan terus melakukannya dengan lebih baik," kata Sabalenka.

"Saya suka bermain tenis, dan sangat menikmati melakukan pekerjaan saya."

Baca juga: Sabalenka merasa lebih kuat untuk pertahankan gelar Australian Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024