Mekkah (ANTARA) - Haji asal Embarkasi Padang 2 (PDG 2) Hermi Chaniago (51) mengaku layanan yang diberikan selama pelaksanaan ibadah haji 2022 sangat baik bahkan ia merasa seakan sebagai haji plus atau haji khusus.

"Kalau kami bilang reguler rasa haji plus," kata Hermi asal Bukittinggi di Mekkah, Kamis.

Hermi mengaku sejak ia tiba di Tanah Suci hingga akan pulang ke Tanah Air pada Sabtu 16 Juli 2022 pelayanan yang diberikan panitia sangat baik mulai dari akomodasi, transportasi sampai konsumsi.

Begitu juga dengan layanan saat puncak haji di Arafah, Muzdhalifah dan Mina, menurut Hermi yang sudah menunggu 13 tahun untuk naik haji, dari segi pelayanan, sudah banyak kemudahan.

Baca juga: Kemenag: Jamaah haji Kalsel aman saat terowongan Mina mati lampu

Baca juga: Koper jamaah dibongkar lagi pastikan tidak melebihi berat maksimal


"Ini kan sepertiga dari jumlah biasanya. Kalau cerita haji sebelumnya, toilet di Mina harus mengantri tapi yang sekarang walaupun antre tidak begitu parah," kata dia.

Begitu juga dengan Dewi Purnama dari embarkasi PDG 2 menilai pelayanan haji tahun ini bagus, seperti saat masyair atau puncak haji dulu berdasarkan cerita yang ia dengar tidak tersedia makanan selama dua hari.

"Tapi kemarin makan sudah dapat, transportasi lebih baik," ujar Dewi.

Walaupun ada yang kurang seperti antrean toilet yang di Mina itu, menurut dia, masih lumrah karena banyak orang yang memakai, namun masih wajar.

"Ya, namanya orang banyak jadi pintar-pintar kita mencari waktunya saat orang tidak terlalu ramai," katanya.

Kloter pertama jamaah haji gelombang I akan pulang ke Tanah Air pada Jumat 15 Juli 2022 melalui Bandara Jeddah. Sementara gelombang II jamaah haji akan ke Madinah pada 21 Juli 2022.*

Baca juga: 49 anggota jamaah haji meninggal, pemakaman diurus maktab

Baca juga: Kemenkes minta jamaah haji proaktif pantau kesehatan secara mandiri

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022