Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 di Belitung tetap dilaksanakan sesuai rencana pada 7-9 September.
Belitung, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) telah siap menyambut atau menjadi tuan rumah Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 di daerah ini yang dijadwalkan pada 7 sampai  dengan 9 September 2022.

Kesiapan Pemkab Belitung menjadi tua rumah G20 disampaikan langsung Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, di Tanjung Pandan, Jumat.

Isyak Meirobie mengatakan Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 di Belitung tetap berjalan sesuai rencana, setelah sebelumnya ada informasi pembatalan kegiatan itu di Belitung.

"Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 di Belitung tetap dilaksanakan sesuai rencana pada 7-9 September," katanya pula.

Dia mengatakan berdasarkan hasil rapat koordinasi secara virtual yang dipimpin oleh Penjabat Gubernur Babel dan dihadiri pejabat eselon I dari Kementerian PPN/Bappenas, Kemensesneg, Kemenko Perekonomian, Kemenko Maritim dan Investasi, jajaran Pemprov Babel, Pemkab Belitung dan Pemkab Belitung Timur, pelaksanaan pertemuan G20 di Belitung tetap dilaksanakan.

Ia mengatakan, sebelumnya memang sempat beredar surat Menteri Sekretaris Negara tentang pembatalan pelaksanaan pertemuan G20 di Belitung.

Namun setelah dikonfirmasi, kata dia lagi, terjadi kesalahan dalam menafsirkan isi surat, namun kemudian informasi tersebut menyebar luas ke masyarakat sehingga menimbulkan kegaduhan.

"Yang dibatalkan sebenarnya bukanlah acaranya, namun memasukkan Bangka Belitung dalam Perpres Percepatan Pembangunan Infrastruktur untuk G20 dengan mempertimbangkan kondisi keuangan negara," ujarnya pula.

Dia menambahkan, pihaknya saat ini masih on the track atau tetap berada pada jalur untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin menghadapi pelaksanaan G20 di daerah ini.

"Memang beredar surat tersebut sempat merontokkan semangat kami. Namun setelah dikonfirmasi bahwa pelaksanaan G20 di Belitung tetap berjalan sesuai rencana," katanya lagi.

Ia menambahkan, persiapan yang dilakukan saat ini adalah pembangunan dan perbaikan sejumlah infrastruktur pendukung yang akan dilakukan di dalam waktu dekat, seperti pengaspalan Jalan Sriwijaya sampai bundaran Tugu Satam, pengaspalan jalan masuk bandara dan pembangunan terminal VVIP di bandara setempat.

"Termasuk bundaran Tugu Satam akan kami tanami bunga, air mancur dibenahi, dan pemasangan giant letter bertuliskan G20 serta pemasangan 20 bendera negara delegasi," ujarnya lagi.
Baca juga: Pemprov Babel memastikan G20 di Belitung tetap jalan
Baca juga: Bappenas pastikan G20 di Belitung tetap berjalan sesuai rencana

Pewarta: Kasmono
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022