jika ada ternak terpapar PMK, segera melaporkan kepada petugas kesehatan hewan
Banda Aceh (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Bantuan Operasi Aman Nusa II menyatakan sebanyak 28.718 ekor hewan ternak di Provinsi Aceh dinyatakan sembuh dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Hingga saat ini, sebanyak 28.718 ekor hewan ternak di Aceh sembuh dari penyakit mulut dan kuku," kata Kepala Satgas Bantuan Operasi Aman Nusa II Kombes Pol Winardy di Banda Aceh, Jumat.

Perwira menengah Polda Aceh itu mengatakan Satgas Bantuan Operasi Aman Nusa II merupakan dukungan Polri dalam menangani wabah penyakit mulut dan kuku terhadap hewan ternak.

Satgas Bantuan Operasi Aman Nusa II terus berupaya mencegah penularan dan penyebaran termasuk penanganan penyakit mulut dan kuku hewan ternak masyarakat.

Baca juga: Universitas Syiah Kuala turunkan Tim SPPHK pastikan hewan kurban sehat
Baca juga: Sebanyak 935 ekor sapi di Aceh Timur dinyatakan sembuh dari PMK

Penanganan tersebut, kata Kombes Pol Winardy, menunjukkan hasil positif. Angka penularan menurun termasuk jumlah yang sembuh meningkat. Data per 14 Juli 2021 tercatat 1.127 ekor hewan ternak terinfeksi PMK dinyatakan sembuh.

"Upaya penyembuhan dilakukan dengan memberi obat-obatan termasuk menyemprotkan disinfektan terhadap kandang. Upaya ini memberi hasil positif," kata Kombes Pol Winardy yang juga Kepala Bidang Humas Polda Aceh.

Kombes Pol Winardy juga mengimbau peternak tidak melepasliarkan hewan ternaknya guna mencegah penularan serta penyebaran penyakit mulut dan kuku.

"Kami terus mengimbau peternak tetap waspada terhadap penularan dan penyebaran PMK dengan tidak melepasliarkan hewan ternak serta menjaga kebersihan kandang," kata Kombes Pol Winardy.

Selain itu, Kombes Pol Winardy mengatakan pihaknya terus mengedukasi dan menyosialisasikan kepada masyarakat, khususnya peternak terkait pencegahan penyakit mulut dan kuku.

"Kami mengajak masyarakat atau peternak bisa mengetahui hewan ternaknya terpapar PMK atau tidak. Jika ada ternak terpapar PMK, segera melaporkan kepada petugas kesehatan hewan terdekat untuk penanganan segera," kata Kombes Pol Winardy.

Baca juga: Kementan tegaskan respons cepat dan terukur dalam tangani PMK

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022