pembersihan lokasi pasca banjir itu melibatkan anggota TNI dan Polri
Gorontalo (ANTARA) - Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli menyerahkan bantuan bagi masyarakat terdampak banjir di Desa Tongo, Kecamatan Bone Pantai, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

"Bantuan yang diberikan berupa beras, alat kesehatan dan kebersihan, serta pakaian layak pakai," ujar Merlan di Gorontalo, Ahad.

Ia mengatakan, saat ini situasi banjir di Desa Tongo sudah berangsur surut dan masyarakat terdampak mulai membersihkan rumahnya masing-masing.

Kepala Pelaksana BPBD Bone Bolango, Achril Yoan Babyonggo, mengungkapkan banjir bandang yang terjadi di Desa Tongo, Kecamatan Bone Pantai ini diakibatkan oleh hujan deras yang disertai angin dengan intensitas sedang hingga tinggi di bagian pesisir pada Kamis (14/7) malam.

Baca juga: 277 rumah warga terendam banjir di tiga kecamatan di Bone Bolango
Baca juga: Banjir merendam tiga kecamatan di Bone Bolango Gorontalo

Ia mengatakan, warga terdampak banjir berada di Dusun I berjumlah 15 Kepala Keluarga (KK) atau 45 jiwa, Dusun II, 79 KK, 249 jiwa, Dusun III 12, KK 48 dengan dua unit rumah hanyut, dua unit motor hanyut. Total terdampak banjir ada 106 KK dengan 342 jiwa.

"Alhamdulillah berbagai bantuan kita sudah serahkan, ada bantuan makanan siap saji 500 bungkus siang, 500 bungkus malam. Kemudian ada beras 300 kg dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, ada juga alat mandi dan makanan instan dari Dinas Sosial," kata dia.

Selain itu, ada pelayanan kesehatan dari Puskesmas Bone Pantai, Dinas Kesehatan Bone Bolango dan Provinsi Gorontalo dan bantuan air bersih dari Balai Sungai Provinsi Gorontalo.

"Pembersihan lokasi pasca banjir itu melibatkan anggota TNI dan Polri, Tagana Bone Bolango, Personil KSB Lumayi’o, masyarakat setempat, serta mahasiswa dari UG dan UNG juga ikut berpartisipasi," jelas dia.

Baca juga: BPJamsostek Gorontalo salurkan bantuan korban bencana Bulawa

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022