Laporan mengungkapkan peningkatan kreativitas di antara pengguna, dengan semakin populernya emoji stories, seni teks emoji, dan emoji dengan simbol khusus menjelang Hari Emoji Sedunia pada 17 Juli

Sunnyvale, Calif. —(ANTARA/Business Wire) — Facemoji Keyboard hari ini menerbitkan Laporan Status Emoji 2022, mengungkapkan emoji paling populer tahun ini, berdasarkan penggunaan global. Laporan ini juga menampilkan tampilan lebih dekat cara baru yang menarik dalam menggunakan emoji, termasuk emoji stories, seni teks, dan fungsionalitas untuk menggabungkan emoji dengan simbol khusus.

Logo Facemoji Keyboard

Temuan utama tentang penggunaan emoji meliputi:

 • Wajah dengan air mata kegembiraan dan tertawa berguling di lantai masing masing menempati peringkat #1 dan #2, masing-masing—tidak beranjak dari posisi mereka di laporan tahun lalu.
 • Muncul sebagai satu-satunya superstar baru dari Unicode 13.0, wajah tersenyum sambal menangis menempati posisi 20 besar.
 • Muka tengkorak berada di antara lima besar untuk AS dan Inggris, dengan penggunaan global melonjak 250%. Ini mungkin dikarenakan popularitas penggunaan kata "mati" yang berlebihan, seperti "Aku tertawa setengah mati."
 • Membobol 12 emoji teratas di seluruh Indonesia, Rusia, dan Inggris, Moyai emoji terlihat mengalami lonjakan penggunaan hingga 130%.
 • Meraih gelar negara “paling trendi”, hanya Indonesia dan Rusia yang menampilkan emoji dari Unicode 14.0 di 12 besar mereka
 • Dapat dikatakan aplikasi hebat memiliki pemikiran yang sama—Instagram dan Snapchat menampilkan lima emoji teratas yang sama, termasuk wajah dengan air mata, wajah menangis dengan keras, hati merah, tertawa berguling di lantai, dan wajah memohon.
 • Sepanjang tahun, pengguna Facemoji menggunakan emoji untuk merayakan hari libur tertentu, termasuk mengirim Mawar paling banyak pada Hari Valentine, Tangan Terlipat paling banyak pada Idul Fitri, dan pada Tahun Baru terlihat lonjakan penggunaan utama untuk sparkles, dua hati, dan hati yang bersinar.

Ketika emoji menjadi hal yang biasa dalam perpesanan, pengguna yang lebih kreatif mulai mencari hal-hal baru untuk membuatnya lebih menarik. Facemoji mengidentifikasi tren baru sebagai berikut:

 • Cerita Emoji – Di mana pengguna menggunakan emoji pada seluruh percakan, dengan kata-kata yang minimal namun ekspresi dan bercerita yang maksimal.
 • Emoji dengan simbol khusus – Kalangan anak muda di TikTok bergabung dengan tren emoji dengan segitiga dan persegi panjang.
 • Seni teks emoji – Menggunakan beberapa emoji berwarna untuk membentuk gambar, seni teks emoji populer di kalangan anak muda di media sosial.

“Sebagai fenomena digital dan budaya, emoji tertanam dalam cara kita mengirim pesan—saat ini maupun saat kita memperkirakan ke depannya,” kata Natalia Lin, product lead di Facemoji Keyboard. “Laporan Status Emoji tahun ini menunjukkan bahwa pengguna mencari cara kreatif untuk menggunakan emoji. Ini menginspirasi Keyboard Facemoji untuk mengembangkan konten berbasis emoji yang lebih menarik dan menyenangkan bagi pengguna untuk dikirim, membuat komunikasi menjadi lebih menyenangkan.”

Laporan ini merujuk pada data global yang sepenuhnya dianonimkan, termasuk wawasan spesifik tentang penggunaan emoji di delapan negara—Argentina, Prancis, India, Indonesia, Meksiko, Rusia, Inggris Raya, dan AS. Data tersebut mencakup emoji teratas yang digunakan di seluruh dunia oleh pengguna Keyboard Facemoji di Android dan iOS antara 1 Juni 2021 sampai dengan 15 Juni 2022, serta emoji teratas yang digunakan berdasarkan negara dan aplikasi—termasuk Bumble, Facebook, Hinge, Instagram, Snapchat, TikTok, Tinder, Twitter, dan WhatsApp

Untuk membaca laporan lengkap Emoji 2022, klik di sini.

Tentang Facemoji Keyboard

Facemoji Keyboard adalah aplikasi papan ketik emoji-sentris yang menampilkan teknologi pengenalan suara. Ini termasuk fitur prediksi emoji, berbagai macam stiker dan keyboard yang dapat disesuaikan. Tujuan Facemoji Keyboard adalah membantu orang-orang di seluruh dunia mengekspresikan diri mereka dengan cara baru dengan emoji kreatif yang menyenangkan. Aplikasi ini mendukung 120+ bahasa dan tersedia untuk pengguna di 190+ negara dan wilayah secara gratis di Android atau iOS.


Kontak
The Hoffman Agency
Kyra Hanson
408-286-2611

Sumber: Facemoji Keyboard

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022