Jakarta (ANTARA) - Penjualan mobil penumpang merek China terus meningkat pesat pada Juni 2022, dengan lonjakan 43,1 persen secara tahunan (year on year/yoy), menurut data dari Asosiasi Manufaktur Mobil China (China Association of Automobile Manufacturers/CAAM).

Sebanyak 994.000 mobil penumpang merek China terjual bulan lalu, menyumbang 44,8 persen dari total penjualan mobil penumpang di negara itu pada periode tersebut, menurut CAAM.

Pada paruh pertama tahun ini, penjualan mobil merek China naik 16,5 persen (yoy) menjadi lebih dari 4,89 juta unit, mencakup 47,2 persen dari total penjualan mobil penumpang negara itu pada periode tersebut, naik 5,3 poin persentase dari periode yang sama pada 2021.

Asosiasi tersebut mengaitkan ekspansi yang kontinu dari pangsa pasar merek China tahun ini dengan upaya para pembuat mobil untuk meningkatkan kompetensinya melalui peningkatan industri, memenangkan lebih banyak konsumen muda melalui analisis pasar yang akurat, dan memperoleh dukungan dari rantai pasokan domestik.

CAAM juga memberi penekanan khusus pada sektor kendaraan energi baru (new-energy vehicle/NEV), mengatakan bahwa merek-merek China berhasil memimpin pasar itu dengan mempercepat pengembangan kendaraan cerdas dan kendaraan terhubung (connected vehicle). 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022