Niat untuk beralih pada tahun 2022 terutama lebih tinggi dari tahun lalu, terutama untuk orang kaya

Jakarta, Indonesia (ANTARA/Business Wire)- FICO (NYSE: FICO)

Sorotan

 • 63 persen (lebih dari 3 dari 5) konsumen perbankan ritel Indonesia mengalami dampak negatif pada pendapatan mereka akibat pandemi
 • Di tengah iklim keuangan yang tidak menentu, mayoritas konsumen perbankan di Indonesia akan fokus pada produk tabungan (87 persen) dan investasi (84 persen).
 • Hampir 1 dari 5 nasabah perbankan Indonesia yang kaya akan mempertimbangkan untuk berpindah bank untuk mencari penawaran perbankan yang paling kompetitif

Laporan Ekspektasi Perbankan Konsumen Pascapandemi 2022 RFI Global, yang disiapkan untuk FICO, telah menemukan bahwa pandemi telah meningkatkan kesulitan keuangan bagi konsumen perbankan ritel di Indonesia, dengan lebih dari 3 dari 5 mengalami penurunan pendapatan. Laporan ini juga telah mendapatkan bahwa banyak yang bermotivasi untuk mencari penawaran perbankan yang lebih baik, dan bahwa kecenderungan untuk beralih pemberi pinjaman telah meningkat dari tahun ke tahun.


Dampak yang mengganggu dari pandemi berbeda di seluruh wilayah.

Sementara 23-30 persen responden Selandia Baru dan Australia mengalami dampak negatif pada pendapatan akibat pandemi, jumlah ini meningkat menjadi 40 persen di Singapura dan India, 50 persen di Malaysia, dan 63 persen di Indonesia. Responden di Thailand mengalami pukulan terbesar, dengan 70 persen mengatakan pendapatan mereka berkurang.

Laporan tersebut mengungkapkan bahwa lebih dari 1 dari 4 konsumen di seluruh wilayah APAC (27 persen) telah menunda pembayaran pinjaman, sejalan dengan 30 persen responden Indonesia. Konsumen di beberapa negara juga lebih mungkin melakukannya daripada yang lain. Sementara hampir 1 dari 3 (31 persen) di India dan hampir setengah di Thailand (47 persen) menunda pembayaran pinjaman sebagai akibat dari COVID-19, ini jauh lebih jarang terjadi di Singapura (12 persen), Australia (9 persen) dan Selandia Baru (7 persen).

Walaupun iklim keuangan tidak menentu, sebagian besar nasabah perbankan ritel Indonesia berencana untuk mempertahankan atau meningkatkan investasi mereka (84 persen). Sebagian besar ingin mempertahankan atau meningkatkan tabungan (87 persen), dan banyak yang akan mempertimbangkan untuk mengganti penyedia perbankan tahun ini.

Meningkatnya niat nasabah untuk berpindah penyedia layanan perbankan

Laporan tersebut menunjukkan bahwa walaupun sebagian besar pelanggan sangat puas dengan pemberi perbankan utama mereka, sebanyak 20 persen pelanggan perbankan APAC yang menjawab mengatakan mereka berencana untuk berganti bank pada tahun 2022. Sebaliknya, hanya 10 persen yang mengatakan mereka berganti bank pada tahun 2021.

Peningkatan kecenderungan untuk beralih pemberi pinjaman ini adalah yang tertinggi di antara golongan orang kaya (didefinisikan sebagai pasar massal kelas atas atau mereka yang memiliki setidaknya 500.000.000 Rupiah total kepemilikan aset yang dapat diinvestasikan).

Di Indonesia, 8 persen nasabah perbankan ritel dan 5 persen nasabah golongan kaya beralih pada tahun 2021. Jumlah tersebut ditetapkan menjadi lebih dari dua kali lipat tahun ini untuk orang kaya, dengan 18 persen mengatakan mereka sangat mungkin untuk beralih, sementara konsumen perbankan ritel meningkat hanya sedikit hingga 9 persen.

Alasan utama yang dikutip oleh responden Indonesia termasuk perasaan bahwa perbankan dengan bank utama mereka tidak nyaman (39 persen), perubahan keadaan pribadi (29 persen), keinginan untuk mengakses produk dan layanan investasi dan manajemen kekayaan yang lebih baik (24 persen) dan perubahan di mana gaji mereka disimpan (24 persen).

Dampak finansial dirasakan bahkan di antara orang terkaya di Indonesia

Di antara nasabah perbankan kaya di Indonesia, 42 persen mengalami penurunan pendapatan akibat pandemi, 21 persen lebih rendah dari pasar perbankan ritel Indonesia yang lebih luas. Akibatnya, banyak (39 persen) dari masyarakat kaya raya menangguhkan pembayaran pinjaman, 9 persen lebih tinggi dari pelanggan perbankan ritel Indonesia, secara keseluruhan.

Gangguan terhadap pendapatan ini membuat 25 persen orang kaya di Indonesia mengatakan mereka berniat untuk mengurangi pengeluaran, seperti yang direncanakan oleh 45 persen nasabah perbankan ritel Indonesia.

Di seluruh APAC, masyarakat kaya lebih cenderung meningkatkan pinjaman mereka dibandingkan dengan pasar yang lebih luas (16 persen vs 8 persen). Di Indonesia, masyarakat kaya sedikit lebih mungkin untuk meningkatkan pinjaman mereka dibandingkan dengan nasabah perbankan ritel (masing-masing 9 dan 5 persen).

Laporan tersebut lebih mengungkapkan bahwa 91 persen masyarakat kaya Indonesia memilih untuk mempertahankan atau meningkatkan tingkat investasi mereka dengan bank, sedikit lebih tinggi dari pasar perbankan ritel negara secara keseluruhan (84 persen).

Dampak Pandemi pada niat perbankan

Konsumen mengubah perilaku perbankan mereka, sebagai tanggapan terhadap dampak finansial dari pandemi.

Lebih dari 4 dari 5 nasabah perbankan ritel Indonesia akan meningkatkan atau mempertahankan tabungan mereka (87 persen), kedua hanya di kawasan APAC setelah Selandia Baru sebesar 94 persen.

Meskipun ada penurunan dalam rencana pinjaman dari tahun ke tahun, tingkat pinjaman untuk pelanggan perbankan ritel APAC masih tetap lebih tinggi daripada masa sebelum pandemi karena konsumen menghadapi dampak gangguan yang bertahan lama.

“Pandemi jelas memperburuk kesulitan keuangan bagi pelanggan terlepas dari kelas pendapatan,” kata Direktur Senior Solusi Manajemen Keputusan untuk FICO di Asia Pasifik, Aashish Sharma. “Seiring dengan kontrak kebiasaan meminjam dan membelanjakan, pelanggan akan mencari cara untuk menumbuhkan kekayaan mereka dan meningkatkan tabungan mereka. Bank harus dapat secara proaktif mengidentifikasi kebutuhan nasabah, dan mengubah pendekatan mereka untuk mengurangi kecemasan keuangan sambil memastikan produk mereka sesuai dengan keterjangkauan dan kebutuhan pendanaan nasabah.”

Gravitasi menuju Digital

Lebih dari separuh responden Indonesia (54 persen) masih menganggap kedekatan kantor cabang dan ATM sebagai penentu utama penyedia perbankan utama; namun, laporan tersebut menyoroti pentingnya menyediakan layanan digital. Sebanyak 72 persen nasabah perbankan ritel APAC memilih produk tekfin daripada opsi untuk menggunakan layanan utama bank mereka. Ini tertinggi di Malaysia (94 persen) dan terendah di Australia (39 persen). Responden melakukannya karena mereka menginginkan penghematan waktu dan biaya, kemudahan penggunaan, dan proses aplikasi yang lebih mudah.

Dibandingkan tahun 2021 hingga 2019, konsumen APAC semakin tertarik pada saluran digital di setiap tahap perjalanan aplikasi mereka: pertanyaan awal dan penelitian (naik 14 persen), pertanyaan lanjutan (naik 15 persen), dan aplikasi perbankan (naik 15 persen).

Bagaimana Bank Dapat Memastikan Nasabah Menjadi Pusat Tindakan dan Keputusan

 • Transformasikan operasi dan silo data melalui penggunaan teknologi analitik canggih dan platform manajemen terpusat.
 • Buat keputusan berdasarkan data dengan memprediksi, menganalisis, dan mengoptimalkan interaksi pelanggan secara real time untuk pendekatan manajemen hubungan berbasis peristiwa dan berbasis profil.
 • Kembangkan wawasan yang tepat tentang interaksi dan penawaran optimal yang akan bekerja paling baik bagi pelanggan.
 • Buat kembaran digital (sejenis model virtual yang digunakan untuk tujuan simulasi) untuk memanfaatkan pembelajaran berkelanjutan ini dan menguji pendekatan dan strategi baru yang radikal dalam lingkungan berbiaya rendah dan berisiko rendah.
 • Berikan penawaran yang sangat dipersonalisasi dan tindakan pelanggan dengan cara yang terukur

“Bank harus memahami kebutuhan nasabah mereka pada tingkat yang lebih dalam dan lebih terperinci, atau berisiko kehilangan mereka dari pesaing dan penyedia alternatif,” ujar Sharma. “Menjaga kepuasan pelanggan saja tidak lagi cukup; pengalaman pelanggan harus ditingkatkan secara radikal. Berpusat pada pelanggan akan menjadi kunci untuk secara konsisten memberikan pengalaman yang sangat personal dan mempertahankan pelanggan.”

Metodologi Survei

Survei ini dilakukan pada tahun 2021 oleh perusahaan riset independen yang mengikuti standar industri riset. 1033 orang dewasa Indonesia yang disurvei, bersama dengan 12.885 konsumen di Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Australia, India, dan Thailand.

Pelajari lebih lanjut di sini dan www.fico.com.

Tentang FICO
FICO (NYSE: FICO) mendukung keputusan yang membantu orang dan bisnis di seluruh dunia menjadi makmur. Didirikan pada tahun 1956, perusahaan ini adalah pelopor dalam penggunaan analitik prediktif dan ilmu data untuk meningkatkan keputusan operasional. FICO memegang lebih dari 200 paten AS dan asing pada teknologi yang meningkatkan profitabilitas, kepuasan pelanggan, dan pertumbuhan bisnis di bidang jasa keuangan, manufaktur, telekomunikasi, perawatan kesehatan, ritel, dan banyak industri lainnya. Dengan menggunakan solusi FICO, bisnis di lebih dari 120 negara melakukan segalanya mulai dari melindungi 2,6 miliar kartu pembayaran dari penipuan, membantu orang mendapatkan kredit, hingga memastikan bahwa jutaan pesawat terbang dan mobil sewaan berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat.

Pelajari lebih lanjut di www.fico.com.

FICO adalah merek dagang terdaftar dari Fair Isaac Corporation di AS dan negara lain.

Kontak
Neil Mirano
RICE untuk FICO
+65 3157 5680

Saxon Shirley
FICO
+65 9171 0965

Sumber: FICO

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022