Pemanfaatan lahan tidur untuk meningkatkan ketahanan pangan
Jayapura (ANTARA) - Kodim 1702/Jayawijaya saat ini menggalakkan pemanfaatan lahan tidur dengan melakukan penanaman jagung guna meningkatkan ketahanan pangan.

"Pemanfaatan lahan tidur untuk meningkatkan ketahanan pangan. Kami mengoptimalkan pemanfaatan lahan tidur sebagai lahan pertanian," kata Dandim 1702/Jayawijaya Letkol CPN Atenius Murib di Wamena, Papua, Selasa.

Dijelaskan, pembukaan lahan tidur itu dilakukan sebagai upaya membantu pemerintah mewujudkan ketahanan pangan sekaligus mengentaskan masyarakat dari kemiskinan.
 
Selain itu, pemanfaatan lahan tidur sebagai tempat bercocok tanam juga dapat menjadi contoh masyarakat, agar nantinya turut manfaatkan lahan yang ada di sekitarnya sehingga menjadi lahan produktif.

"Kegiatan itu juga sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat," kata Letkol CPN Murib.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian setempat Hendry Tetelepta menyampaikan apresiasi kepada Kodim 1702/Jayawijaya yang telah menyediakan lahan pertanian untuk penanaman jagung.

Pertanian memiliki peranan sangat penting dalam membangun perekonomian nasional, khususnya di Wamena.

"Mudah-mudahan nantinya makin banyak lahan tidur yang berubah menjadi lahan produktif sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Tetelepta.

Baca juga: TNI dan Kementerian Pertanian perkuat program ketahanan pangan

Baca juga: TNI diminta motivasi petani di Jayawijaya-Papua olah lahan kosong
 
 
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2022