Jayapura (ANTARA) - Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Cpn Athenius Murip mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut membangun wilayah Lapago yang masuk dalam Provinsi Papua Pegunungan.

Wilayah Lapago sendiri terdiri dari Kabupaten Jayawijaya, Lanny Jaya, Tolikara, Mamberamo Tengah, Nduga, Yalimo, Pegunungan Bintang dan Kabupaten Yahukimo.

Ajakan Dandim itu disampaikan saat menghadiri peluncuran penulisan buku yang berjudul "Model Grand Design Pengembangan Sistem Ketahanan Kebudayaan Asli Lapago dalam Tantangan Globalisasi" di Wamena, Rabu.

Dikatakan, selama kegiatan ini akan dibahas berbagai upaya untuk mempertahankan kebudayaan asli Lapago agar generasi kedepannya bisa menjadikannya sebagai inspirasi

Melalui buku yang akan ditulis nantinya akan menjadi pedoman bagi generasi muda di kemudian hari.

“Mari sama-sama kembangkan pikiran tentang pembangunan pemerintahan wilayah Lapago agar pembangunan di Provinsi Papua Pegunungan berjalan dengan lancar dan dapat lebih maju lagi," harap Dandim 1702/Jwy Letkol CPN Mirip.

Sebelumnya Asisten II Kab. Jayawijaya Lekius Jikwa mengatakan, generasi penerus harus mengembangkan ketahanan kebudayaan agar Provinsi Papua Pegunungan dapat berkembang.

“Wilayah Lapago dalam era globalisasi kebudayaan harus berkembang dan generasi diharapkan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan tentang ketahanan kebudayaan agar kedepannya bisa diteruskan oleh generasi-generasi kedepannya," harap Asisten II Jayawijaya Lekius Jikwa.

Baca juga: Penjabat Gubernur Papua Pegunungan panen padi di Kampung Helaluba
Baca juga: Dandim 1702/Jwy apresiasi mediasi kerusuhan Sinakma berlangsung aman

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023