Kreativitas yang dibuat oleh Apkasi melalui pameran ini mendorong ekonomi tumbuh dan bergerak, terutama di tengah kondisi ekonomi yang belum baik
Semarang (ANTARA) -
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bersikap kreatif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, terutama pada kondisi perekonomian yang belum baik saat ini.

"Kreativitas yang dibuat oleh Apkasi melalui pameran ini mendorong ekonomi tumbuh dan bergerak, terutama di tengah kondisi ekonomi yang belum baik," kata Ganjar saat menghadiri Apkasi Otonomi Expo 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu.

Orang nomor satu di Jateng itu mengapresiasi gelaran Apkasi Otonomi Expo 2022 yang diikuti oleh seluruh pemerintah kabupaten se-Indonesia dengan memamerkan produk-produk UMKM yang menjadi unggulan.

"Saya kira sekarang dari seluruh Indonesia berkumpul di JCC membuat pameran UKM dan produk-produk lokal. Menurut saya luar biasa, tadi yang hadir juga banyak sekali termasuk Wakil Menteri Dalam Negeri, sudah berbincang juga tadi. Ini menjadi stimulus untuk ekonomi tumbuh dan kreativitas bergerak, fasilitas itu diberikan oleh Apkasi," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Orang nomor satu di Jateng ini berharap ide bagus yang sudah dilakukan oleh Apkasi melalui Apkasi Otonomi Expo 2022 bisa berkelanjutan dan menjadi kegiatan tahunan yang ditunggu-tunggu kehadirannya, termasuk ke depan harus berani melibatkan pembeli potensial dari luar negeri.

"Harapan kami nanti ini akan menjadi event tahunan yang ditunggu sehingga UMKM yang menjadi binaan mereka bisa ditampilkan dan kemudian orang belanja. Syukur-syukur nanti mulai melibatkan potensial buyer dari luar negeri begitu ya untuk bisa ditawarkan, masukkan katalog besar, bisa dikurasi, dan bisa ekspor. Ini keren," katanya.

Saat menghadiri Apkasi Otonomi Expo 2022, Ganjar menjadi rebutan para pengunjung maupun peserta pameran untuk sekadar bersalaman atau berfoto bersama.

Baca juga: LKPP dorong Apkasi pacu belanja produk dalam negeri
Baca juga: Apkasi gelar Anugerah Jurnalistik 2022
Baca juga: Apkasi Kalteng perjuangkan peningkatan porsi anggaran daerah

 

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022