Jakarta (ANTARA) - Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) menganugerahi penghargaan tertinggi berupa gelar Tokoh Penggerak Koperasi Utama kepada Ketua Dewan Pertimbangan Induk Koperasi Pondok Pesantren (Inkopontren) KH Marsudi Syuhud.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, penganugerahan yang digelar pada puncak peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-72 di Kendal, Jawa Tengah, Sabtu ini diberikan oleh Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid dan disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Yang menerima penghargaan ini personal, yaitu KH Marsudi Syuhud selaku pendiri Inkopontren yang sekarang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Inkopontren," ujar Wakil Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Mohamad Sukri.

Menurut Sukri, Kiai Marsudi yang juga merupakan Wakil Ketua Umum MUI ​​​​​​​pantas mendapatkan gelar Tokoh Penggerak Koperasi Utama yang merupakan penghargaan tertinggi pribadi atau personal dari gerakan koperasi karena dia sangat berjasa dalam membangun Inkopontren.

Bahkan, lanjut Sukri, berkat jasa Kiai Marsudi, eksistensi Inkopontren mampu mencapai kancah internasional.

"Beliau ini dinilai sangat berjasa karena pernah merintis dan mendirikan Inkopontren pada tahun 1994 hingga sekarang Inkopontren masih eksis. Eksistensinya itu bukan hanya muncul di dalam negeri, melainkan juga di luar negeri," ujar Sukri.

Selain itu, Dekopin pun menilai Kiai Marsudi yang juga mantan Ketua PBNU ini merupakan tokoh yang langka karena dia masih bersedia memberikan perhatian pada ekonomi umat.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2022