Surabaya (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya bekerja sama dengan dengan marketplace (pasar daring) Tokopedia untuk memasarkan atau menjual produk UMKM di Kota Pahlawan, Jawa Timur.

Ketua Dekranasda Surabaya Rini Indriyani di Surabaya, Minggu, mengatakan, Tokopedia telah membantu memfasilitasi para pelaku UMKM binaan Deskranada di Surabaya Kriya Galeri untuk memasarkan produk unggulan.

"Surabaya Kriya Galeri saat ini sudah masuk Tokopedia, sehingga warga tidak harus belanja untuk datang ke Surabaya, tetapi melalui Tokopedia mereka bisa mendapatkan produk UMKM unggulan," ujar dia.

Selain itu, Rini menyampaikan terima kasih kepada para pembeli live shopping Tokopedia karena total 39 produk UMKM itu ludes terjual dalam waktu satu jam saja. Ia berharap, melalui kegiatan ini bisa menjadi pelecut semangat kepada para pelaku UMKM yang lainnya untuk bisa bersaing dengan brand (merek) yang lainnya.

"Saya juga mengucapkan terima kasih untuk semua pembeli, karena banyak barang yang terjual. Serta bisa menjadi pemicu kepada para pelaku UMKM lainnya, untuk meningkatkan inovasi dan kualitas," kata istri Wali Kota Surabaya Eri Cahayadi ini.

Dia juga berpesan, agar para pelaku UMKM tidak bosan atau patah semangat untuk terus berinovasi dalam menciptakan produk-produk baru yang dengan mengikuti perkembangan tren masa kini. Baik kuliner maupun fashion, agar bisa dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat.

“Misalnya fashion dari batik, bisa di kombinasi agar semua kalangan mau menggunakan batik, sehingga produk itu tidak monoton. Kemudian untuk kuliner, melalui kemasan atau packing bisa diperbaiki. Karena harapannya omzet produk UMKM ini bisa meningkat," ujar dia.

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia Emmiryzan sebelumnya mengatakan, Tokopedia menggandeng Surabaya Kriya Galeri dan Dekranasda Surabaya untuk bisa membantu para pelaku UMKM di Kota Surabaya melalui sumber daya digital.

"Kami melihat produk unggulan dalam kategori fashion dan kuliner sangat diminati oleh masyarakat. Maka, kami membantu untuk memasarkan produk para pelaku UMKM binaan dari Dekranasda Surabaya secara digital," kata Emmiryzan.

Dia menjelaskan, Tokopedia percaya bahwa kunci untuk menghadapi pandemi COVID-19 adalah dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak. Termasuk dalam hal ini adalah berkolaborasi dengan Dekranasda di kabupaten/kota lainnya.

"Memang Surabaya bukan yang pertama, tetapi Surabaya adalah yang terdepan. Jadi, kami memberikan banyak fasilitas kepada Dekranasda Surabaya agar bisa dimanfaatkan, seperti layanan live shopping," ujar dia.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022