NKRI dan Pancasila adalah harga mati yang harus kita jaga dan pertahankan.
Pontianak (ANTARA) - Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila (MPW PP) Kalimantan Barat (Kalbar) melaksanakan apel akbar dan deklarasikan setia pada Pancasila, Minggu.

Sekda Provinsi Kalbar Harrison yang memimpin apel Kalbar MPW Pemuda Pancasila, di Pontianak, mengatakan peran pemuda penting dan sangat diharapkan karena mereka merupakan generasi penerus bangsa, dalam menjaga suasana kondusif di wilayah Kalbar ini.

Untuk itu, kata Harrison lagi, pemuda Pancasila seharusnya menjadi pelopor pelaksanaan implementasi dari nilai-nilai dan ideologi Pancasila tersebut. Pemuda Pancasila juga harus mampu menjaga keutuhan bangsa dari paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila.

"Pemprov Kalbar sangat mendukung dan mengapresiasi setiap kegiatan yang dilakukan oleh pemuda kita, selain itu kami juga melakukan pembinaan-pembinaan melalui Dinas Kepemudaan dimana pemerintah dan pemuda ini diharapkan dapat bersatu padu untuk membangun dan mendukung pembangunan yang ada di Kalbar," katanya.
Baca juga: Ikrar setia Pancasila menggema di Kota Bekasi
Baca juga: PDI Perjuangan tegaskan Ba'asyir harus setia pada Pancasila



Ketua MPW Pemuda Pancasila Kalbar Abriansyah mengatakan bahwa pelaksanaan apel akbar MPW Pemuda Pancasila Kalbar ini adalah sebagai penguatan dalam menjaga ideologi Pancasila.

"Makanya tema yang kami ambil dalam apel akbar ini adalah ideologi Pancasila," ujarnya lagi.

Dia menambahkan, apel akbar ini sebagai wujud Pemuda Pancasila dalam menjaga dan mempertahankan Pancasila dari ancaman pihak-pihak yang ingin mengubah dasar negara Indonesia dengan bentuk lain.

"NKRI dan Pancasila adalah harga mati yang harus kita jaga dan pertahankan," ujarnya lagi.

Pemuda Pancasila diharapkan menjadi garda terdepan untuk gerakan-gerakan yang anti-Pancasila dan yang ingin mengubah dasar negara ini dengan bentuk lain. "Pemuda Pancasila Kalbar juga diharapkan untuk bersatu padu dan bergerak bersama untuk menumpas gerakan-gerakan yang anti-Pancasila," kata Abriansyah.
Baca juga: Aliansi Relawan Militan Jokowi deklarasi sumpah setia Pancasila
Baca juga: Langkah maju, Menag: FPI nyatakan setia Pancasila

Pewarta: Andilala
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022