Yang penting adalah apapun partainya, tetap ideologinya adalah Pancasila
Bandung (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo berpesan pada para pemuda, termasuk yang berada di organisasi kepemudaan, agar menjaga ideologi yang diusung yakni Pancasila meski berbeda pilihan di tahun 2024.

"Yang penting adalah apapun partainya, tetap ideologinya adalah Pancasila," kata Dito dalam Munas III Satuan Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila di Bandung, Jumat.

Dito mencontohkan pada Sapma Pemuda Pancasila yang memiliki banyak anggota dan tersebar di seluruh Indonesia, pasti bersifat dinamis dengan memiliki banyak perwakilan dari semua partai politik, namun akan tetap bisa mempertahankan persatuan.

"Justru wadah seperti Sapma ini adalah wadah di mana suatu perbedaan bisa diselesaikan dengan komunikasi dan persaudaraan karena ketika sudah berseragam sama, komunikasi akan lebih baik, walaupun secara pilihan partai berbeda," ucapnya.

Baca juga: Ketua MPR ingatkan Sapma Pemuda Pancasila gaungkan persatuan bangsa

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Sapma Pemuda Pancasila Aulia Arief mengatakan pihaknya mengajak seluruh anggota dan kader Sapma Pemuda Pancasila untuk terus menjaga persatuan, terlebih beberapa waktu ke depan akan memasuki tahun politik.

"Munas ini dihadiri perwakilan dari 31 provinsi. Dalam kesempatan hari ini, saya juga ingin mengajak teman-teman untuk terus tetap membangkitkan rasa nasionalisme yang tinggi, apalagi di tahun politik ini, rasa persatuan Indonesia itu yang harus terus kita jaga," ucapnya.

Proses Pemilu 2024, kini telah memasuki pengumuman daftar calon sementara (DCS) bakal calon anggota legislatif di semua tingkatan.

Fase ini, beriringan dengan masa tanggapan dan masukan masyarakat atas DCS yang diumumkan itu mulai 19 hingga 28 Agustus 2023.

Baca juga: Menpora minta generasi muda berwirausaha untuk Indonesia Emas 2045
Baca juga: Bamsoet minta generasi muda turut merealisasikan Indonesia Emas 2045

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023