Kupang (ANTARA) - Presiden Timor Leste Jose Manuel Ramos Horta berziarah ke Taman Makam Pahlawan Dharmaloka, Kota Kupang, NTT untuk berdoa di makam mantan Gubernur Timor Timur periode 1992-1999 Jose Abilio Osorio Soares, Minggu.

Presiden Timor Leste berziarah ke Taman Makam Pahlawan didampingi oleh Gubernur NTT Viktor B Laiskodat dan Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi.

Jose Manuel Ramos Horta tiba di Kupang, setelah pada Kamis (22/7) malam bertemu dengan Gubernur NTT Viktor B Laiskodat di Labuan Bajo membahas soal zona perdagangan bebas.

Menteri luar negeri pertama Timor Leste pada tahun 2002 itu tiba di Bandara El Tari pukul 11.45 WITA menggunakan pesawat pribadi.

Saat tiba di taman makam pahlawan itu, tidak hanya makam mantan gubernur Timor Timur saja yang dikunjungi, tetapi juga mantan gubernur NTT periode 1966-1972 dan 1972-1978 Elias Tari.

Disamping itu terdapat 12 makam sejumlah pejuang juga dikunjungi oleh Presiden Timor Leste itu.

Di setiap makam, Ramos Horta menyempatkan menabur bunga serta berdoa beberapa menit mendoakan para pejuang yang telah meninggal dunia.

Untuk diketahui kedatangan Jose Ramor Horta ke ibu kota Provinsi NTT sendiri juga guna menghadiri sejumlah agenda seperti bertemu dengan warga eks pengungsi Timtim yang kini telah menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Disamping itu juga menggelar pertemuan internal dengan Konsulat Timor Leste di Kupang, bertemu Uskup Agung Kupang, dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat.

Baca juga: Presiden Timor Leste apresiasi kemajuan pariwisata NTT

Baca juga: Indonesia dan Timor-Leste sepakat tingkatkan nilai perdagangan

Baca juga: Horta apresiasi dukungan RI atas keinginan Timor Leste masuk ASEAN

 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2022