Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (BNI) terus mengupayakan optimalisasi potensi bisnis dari komunitas diaspora, antara lain melalui pemberian fasilitas Diaspora Loan kepada Axia Distribution yang berlokasi di Vancouver dan Nai-Nai Noodles yang berlokasi di Toronto, Kanada.

Direktur Treasury dan Internasional BNI Henry Panjaitan menyampaikan layanan Diaspora Loan BNI yang kali ini disalurkan BNI New York, juga telah efektif di Singapura, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Inggris, dan Amerika Serikat.

“Diaspora Loan merupakan pinjaman atau pemberian kredit bagi diaspora Indonesia dan didesain secara komprehensif serta prudent untuk mengakomodir kebutuhan diaspora Indonesia dalam mengembangkan usahanya di luar negeri," kata Henry dalam keterangan resmi, di Jakarta, Senin.

Adapun Axia Distribution merupakan perusahaan yang dimiliki diaspora Indonesia dan telah berdiri sejak tahun 2004 di Vancouver. Perusahaan ini mengimpor barang berupa karpet dapur dari Indonesia untuk dijual di Kanada dan Amerika Serikat.

Sementara itu Nai-Nai Noodles merupakan rumah makan yang menjual mie ayam khas Indonesia, yang didirikan sejak dua tahun lalu oleh diaspora Indonesia di Toronto bernama Sherlin.

Baca juga: BNI koneksikan Xpora-diaspora guna gali potensi bisnis internasional

Dalam penandatanganan komitmen yang dilakukan secara virtual, Sherlin dari Nai-Nai Noodles mengungkapkan bahwa ia merasa sangat terbantu dan berterima kasih atas dukungan BNI New York terhadap usaha kecil menengah yang dimilikinya.

Dalam kesempatan yang sama, Axia Distribution menyatakan pinjaman dari BNI New York sangat membantu pengembangan bisnis usahanya.

Ke depannya, Henry melanjutkan BNI New York akan terus menggali dan berperan aktif dalam memfasilitasi bisnis UMKM yang dimiliki diaspora Indonesia di Amerika Serikat dan Kanada.

"Dengan mandat yang kami terima sebagai global bank asal Indonesia, tentunya akan lebih banyak inovasi serta hubungan bisnis yang kami kembangkan untuk memperluas bisnis Indonesia khususnya ke Amerika Serikat dan Kanada," imbuhnya.

Duta Besar RI untuk Kanada Daniel Tumpal Simanjuntak mengapresiasi langkah proaktif BNI di Kanada yang memiliki 21 ribu diaspora Indonesia.

"Kedutaan Besar RI di Ottawa dan Konsulat Jenderal RI di Toronto dan Vancouver sangat mengapresiasi BNI New York yang terus berkomitmen memfasilitasi pengembangan bisnis diaspora Indonesia di Kanada," pungkasnya.

Baca juga: BNI dukung diaspora lewat jaringan internasional dan kantor cabang
Baca juga: BNI bantu 200 ribu diaspora di AS lakukan ekspor-impor


 

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022