Jakarta (ANTARA) - Festival Film Internasional Venesia mengumumkan pihaknya akan memutar secara perdana film Netflix “White Noise” karya sutradara Noah Baumbach dan menjadikannya sebagai film pembuka untuk festival edisi tahun ini.

Momentum tersebut akan menandai kembalinya Baumbach ke festival tersebut tiga tahun setelah film “Marriage Story” ditayangkan perdana di festival Venesia.

Bintang film “Marriage Story”, Adam Driver, akan kembali memerankan karakter utama di film baru Baumbach. Dalam “White Noise”, Driver berperan sebagai seorang profesor yang tinggal di Amerika Serikat bagian utara-tengah.

Baca juga: Festival Film Venesia hadir lagi, dengan masker dan tes COVID-19

Selain Driver, pemeran film juga termasuk Greta Gerwig, Andre Benjamin, Alessandro Nivola, Jodie Turner-Smith dan Don Cheadle.

Film “White Noise” didasarkan pada novel berjudul sama karya Don DeLillo pada 1985. Baumbach memproduksi “White Noise” bersama dengan David Heyman dan Uri Singer.

“Merupakan kehormatan besar untuk membuka Festival Film Venesia ke-79 dengan ‘White Noise’,” kata direktur artistik Festival Film Venesia Alberto Barbera, dikutip dari The Hollywood Reporter pada Selasa.

Barbera berpendapat bahwa Baumbach telah membuat karya yang orisinal, ambisius, dan menarik dengan memainkan unsur-unsur dramatis, ironis, dan satir.

“Hasilnya adalah sebuah film yang meneliti kembali obsesi, keraguan, dan ketakutan kita seperti yang terekam pada tahun 1980-an, namun dengan referensi yang sangat jelas terhadap realitas kontemporer,” imbuh Barbera.

Sementara itu, Baumbach mengatakan dirinya merasa terhormat karena film tersebut menjadi pembuka festival Venesia tahun ini.

“Ini adalah tempat bagi orang-orang yang sangat mencintai sinema. Merupakan kehormatan yang istimewa untuk bergabung dengan para pembuat film lain yang luar biasa yang pernah menayangkan karya mereka perdana di sini,” kata Baumbach.

Film dari Netflix secara luas diperkirakan akan tayang di Venesia tahun ini. Raksasa streaming tersebut memanfaatkan wadah festival Venesia untuk memperkenalkan “White Noise” ke publik dan mendorong Baumbach ke peluang penghargaan film pada tahun depan.

Festival Venesia akan mengumumkan daftar kompetisi lengkapnya pada Selasa. Gelaran edisi ke-79 festival Italia ini akan berlangsung pada 31 Agustus hingga 10 September.

Beberapa film Netflix lainnya bersaing untuk mendapatkan penghargaan tahun ini, termasuk film "Bardo" (atau "False Chronicle of a Handful of Truths") karya sutradara Alejandro González Iñárritu, serta film tentang Marilyn Monroe berjudul "Blonde" karya sutradara Andrew Dominik.

Baca juga: Aktris Julianne Moore pimpin juri Festival Film Venesia

Baca juga: Ben Affleck dan Matt Damon ungkap keseruan kembali buat film bersama

Baca juga: Sineas wanita dominasi kemenangan di Festival Film Venesia 2021

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022