Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan partainya memundurkan jadwal rapat pimpinan nasional (rapimnas) yang akan mendengarkan pernyataan sikap politik Prabowo Subianto pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Rapimnas Partai Gerindra semula akan digelar pada Sabtu (30/7), namun diundur menjadi Sabtu (13/8) dengan lokasi yang sama, yaitu Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat.

"Penundaan rapimnas karena adanya kendala teknis yang mengharuskan kegiatan tersebut ditunda untuk persiapan yang lebih matang," kata Muzani di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Gerindra sebut Prabowo umumkan sikap di Pilpres 2024 dalam rapimnas

Dia menjelaskan penundaan rapimnas berkaitan dengan adanya agenda Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto selaku Menteri Pertahanan yang tidak bisa ditunda atau diwakilkan serta persiapan pendaftaran peserta pemilu di KPU.

Karena itu, menurut dia, Ketua Dewan Pembina dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memutuskan untuk menunda rapimnas dengan agenda mendengarkan jawaban atas permintaan dan dorongan Prabowo untuk maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

Baca juga: SSI: Gerindra dan Prabowo jadi sumbu utama penentu arah koalisi

"Selain itu, penundaan Rapimnas Partai Gerindra karena persiapan administratif dalam rangka pendaftaran partai politik peserta pemilu untuk Pemilu 2024 di KPU," ujarnya.

Muzani menyampaikan permohonan maaf atas penundaan pelaksanaan rapimnas tersebut, namun para kader dan jajaran pengurus dari tingkat pusat dan daerah hingga PAC dan ranting tetap harus semangat dan antusias menyambut agenda besar tersebut.

Ketua Fraksi Partai Gerindra DPR RI itu menegaskan bahwa semua kader partai menanti keputusan Prabowo Subianto terkait Pilpres 2024.

Baca juga: Gerindra dan PKB akrabkan struktur partai di tingkat daerah

"Rapimnas adalah forum pengambilan keputusan tertinggi di bawah kongres. Ini menjadi penantian panjang bagi kader Gerindra mendengar langsung jawaban Ketua Umum yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto atas dorongan, desakan, dan permohonan untuk maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024," katanya

Menurut dia, jawaban Prabowo akan menjadi energi baru bagi perjuangan Partai Gerindra untuk menjadikan Prabowo sebagai presiden dan Gerindra menang pada Pemilu 2024.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022