Presiden dan rombongan diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Jumat (29/7) dini hari.
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana kembali ke Tanah Air usai melakukan rangkaian kunjungan kerja di tiga negara Asia Timur, yakni China, Jepang, dan Korea Selatan.

Pada kunjungan kerjanya yang terakhir di Seoul, Korea Selatan, Kamis malam, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menggunakan pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang lepas landas dari Seoul Air Base Seongnam, sekitar pukul 21.30 waktu setempat.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis, sejumlah pejabat melepas keberangkatan Presiden dan rombongan yaitu Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan Cho Hyun-dong, Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto beserta Ibu Susi Sulistiyanto.

Kemudian, Atase Pertahanan RI Korea Selatan Kolonel Pnb Akal Juang Embryono Teesna Putra beserta Ibu Santi Mandalika, Duta Besar Korea Selatan untuk RI Park Tae-sung dan Madame Kang Sue Jeong, dan Komandan Seoul Airbase Seongnam Brigadier General Kim Hyun-soo.

Presiden dan rombongan diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Jumat (29/7) dini hari.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan ke Tanah Air, yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Kemudian, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Adapun kunjungan Presiden dan para menteri ke tiga negara tersebut, karena China, Jepang, dan Korea Selatan merupakan mitra penting ASEAN dan mitra penting dalam konteks G20.
Baca juga: Presiden Jokowi kunjungi Taman Makam Nasional di Seoul
Baca juga: Presiden Yoon titip Presiden Jokowi agar perhatikan pengusaha Korsel

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022