Sementara untuk lalu lintas dari arah Manggarai menuju Karet menjadi dua lajur
Jakarta (ANTARA) -
Lalu lintas di Jalan Galunggung, Jakarta Selatan, direkayasa mulai tanggal 29 Juli 2022 sampai 12 Agustus 2022, sehubungan dengan pengerjaan konstruksi struktur baja Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Dukuh Atas di atas Kanal Banjir Barat (KBB).
 
"Terkait dengan kegiatan konstruksi yang dilakukan oleh PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ) bersama KSO Waskita Bersama Vision First dan Waskita Beton Precast, rekayasa lalu lintas di area Jalan Galunggung akan dilakukan mulai dari tanggal 29 Juli 2022 – 12 Agustus 2022," kata Kepala Sekretariat Perusahaan Grup PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ) Astrid Pramudityo dalam keterangan di Jakarta, Kamis.
 
Astrid menyebutkan bahwa pekerjaan yang lokasinya berada di sisi utara Jalan Galunggung berada di atas Sungai Ciliwung atau Kanal Barat itu, adalah untuk keperluan pembangunan JPM yang akan menghubungkan Stasiun LRT Dukuh Atas ke Stasiun KRL Sudirman.
 
Karenanya, untuk menunjang pekerjaan tersebut, akan dilakukan rekayasa lalu lintas sesuai tahapan pekerjaan, di mana dalam pengerjaan tahap 1 pada tanggal 29 Juli 2022 - 12 Agustus 2022 pukul 21.00-16.00 WIB yang menggunakan Jalan Galunggung sisi utara, lalu lintas dari arah Karet menuju Manggarai menjadi satu lajur dialihkan menggunakan Jalur TransJakarta sisi selatan dan mix traffic dengan kendaraan umum.
 
Sedangkan lalu lintas dari arah Manggarai menuju Karet akan menjadi dua lajur mix traffic dengan kendaraan umum.
 
Untuk jenis pekerjaan yang akan dilakukan adalah instalasi pintu ram,  mobil crane, PJK3, onsite dan erection girder 1-6, bongkar crane, dan demobilisasi crane.
 
Untuk pekerjaan tahap dua pada tanggal 29 Juli 2022 sampai 12 Agustus 2022 pukul 16.00-21.00 WIB yang menggunakan Jalan Galunggung sisi utara, lalu lintas dari arah Karet menuju Manggarai menjadi dua lajur, dialihkan menggunakan jalur TransJakarta sisi selatan dan jalur TransJakarta sisi utara dibuka mix traffic dengan kendaraan umum.
 
Sementara untuk lalu lintas dari arah Manggarai menuju Karet menjadi dua lajur mix traffic dengan kendaraan umum.
 
Adapun jenis pekerjaan yang dilakukan untuk tahap dua tersebut adalah instalasi ramp door, setting mobil crane, PJK3, onsite dan erection girder 1-6, bongkar crane dan demob crane.
 
Astrid menyatakan PT Waskita Beton Precast selaku pelaksana pekerjaan Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) di Jalan Galunggung, Jakarta Selatan, bertanggung jawab sepenuhnya terhadap keselamatan dan keamanan pengguna jalan baik yang berkendara ataupun yang tidak, di lokasi pelaksanaan pembangunan.

"Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, oleh karena itu, para pengguna jalan diimbau untuk menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan petunjuk petugas di lapangan, serta mengutamakan keselamatan di jalan," tutur Astrid.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022