Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terus berbenah untuk menyuksesan pencalonan tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028 bersama Nusa Tenggara Timur.

"Pemerintah daerah saat ini sedang bersiap untuk bisa menjadi tuan rumah PON 2028," kata Sekda Provinsi NTB, Lalu Gita Ariadi, saat membuka acara kejuaraan daerah Ikatan Karate Nasional (Inkanas) Piala Kapolda NTB di Gor Kota Praya, Lombok Tengah, Kamis.

Oleh sebab itu, Sekda mengajak para atlet untuk terus berlatih dan bertanding sebagai bentuk persiapan menjadi tuan rumah PON. Kegiatan seperti ini merupakan hal yang positif untuk mencari atlet muda berbakat di wilayah Lombok mampu Sumbawa atau NTB pada umumnya.

"Kegiatan ini jadikan momentum untuk berlatih dan bertanding menjadi yang terbaik," katanya.

Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi NTB tidak akan tinggal diam untuk terus memberikan pembinaan kepada para atlet di daerah setempat, sehingga mampu bersaing dengan atlet dari Provinsi lainnya pada PON mendatang.

"Para atlet yang turun di Kejurda ini diharapkan bisa menjadi duta yang dapat mengharukan nama NTB di tingkat Nasional mampu Internasional," katanya.

Baca juga: NTT dan NTB resmi daftar jadi tuan rumah PON 2028

Pemerintah daerah terus memberikan apresiasi kepada para atlet yang berprestasi seperti halnya pada PON di Papua, bagi atlet yang mendapatkan mendali emas diberikan hadiah Rp300 juta, atlet peraih mendali perak diberikan Rp200 juta dan atlet peraih medali perunggu Rp100 juta.

"Hadiah itu diberikan untuk mendorong motivasi para atlet untuk terus berlatih dalam meningkatkan kemampuan, supaya bisa membawa nama baik daerah NTB," katanya.

NTB dan NTT telah secara resmi mendaftarkan pencalonan tuan rumah bersama PON XXII 2028.

Kedua provinsi di Kepulauan Nusa Tenggara ini telah menyerahkan berkas persyaratan kepada Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) Calon Tuan Rumah PON XXII Tahun 2028 di Kantor KONI Pusat, Senayan, Jakarta. NTT dan NTB juga siap menghadirkan arena pertandingan yang berstandar nasional dan internasional.

"Dengan perasaan bangga, bahagia, antusiastis, dan penuh harap, semoga niat baik kami bersama saudara kami dari NTT menjadi tuan rumah kembar PON XXI tahun 2028 mendapatkan sesuatu yang melebihi harapan," kata Lalu Gita Ariadi.

Baca juga: KONI Pusat mulai bergerak mencari tuan rumah PON XXII/2028
Baca juga: Ketua KONI minta PON jadi ajang pembuktian pembinaan atlet di derah

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022