Jakarta (ANTARA) - Siswa Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH) Jonathan Libazkiel Sinurat menang kompetisi matematika nasional W4Kangoeroe se-Belanda 2022.

Siswa kelas 10 SIDH itu berhasil meraih juara 1 di level wizPROF bersaing dengan 3.677 peserta di level tersebut, berdasarkan keterangan tertulis dari KBRI Den Haag yang diterima di Jakarta, Jumat.

Kompetisi W4Kangoeroe sendiri terdiri dari 6 level kesulitan (wizFUN, wizKID, wizSMART, wizBRAIN, wizPROF, and wizEXPERT) dan tahun ini diikuti oleh total 85.638 peserta yang mewakili 1.901 sekolah di Belanda mulai dari jenjang sekolah dasar, sekolah menengah, sampai pendidikan tinggi.

Kompetisi W4Kangoeroe (WereldWijde Wiskundewedstrijd Kangoeroe) merupakan kompetisi matematika yang populer di Belanda dan diadakan setiap tahun dengan tujuan menumbuhkan keingintahuan dan kecintaan para siswa sekolah pada matematika.

Baca juga: Siswa Labschool Unesa raih juara Olimpiade Matematika di China

Kompetisi yang berasal dari Australia ini diselenggarakan di Belanda oleh Stichting Wiskunde Kangoeroe (Yayasan Matematika Kangoeroe) secara rutin sejak 1995.

Di tengah situasi pandemi, kompetisi W4Kangoeroe tahun ini diadakan secara daring maupun luring pada Maret 2022 dan hasil lengkapnya baru dipublikasikan pada Juli 2022.

Pengumuman hasil kompetisi W4Kangoeroe disampaikan oleh Kepala Sekolah SIDH, Herman Tahir di acara penamatan siswa pada 2022.

Wakil Duta Besar KBRI Den Haag, Freddy Martin Panggabean, mewakili penyelenggara  memberikan medali dan hadiah bagi Jonathan sebagai juara 1.

Dalam sambutannya, Freddy berharap agar prestasi yang membanggakan ini dapat terus dijaga dan ditingkatkan sebagai bukti siswa Sekolah Indonesia Luar Negeri tidak kalah bersaing dengan siswa-siswa setempat di negara akreditasi.

Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH) merupakan salah satu dari Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Kedutaan Besar RI Den Haag.

Sebagai sekolah yang menyediakan layanan pendidikan berkualitas bagi anak-anak Indonesia di Belanda dan Eropa, SIDH membawa visi “Indonesian Values, International Standard” dan menyediakan program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) untuk anak-anak Indonesia di kawasan Eropa dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi.

SIDH juga aktif turut mendukung dalam promosi budaya dan soft-diplomacy kepada masyarakat Belanda dan komunitas internasional di Belanda.

Baca juga: Siswa asal Riau meraih medali di Olimpiade Matematika Dubai
Baca juga: Pelajar Indonesia sabet juara umum olimpiade internasional matematika


Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022