Informasi dari Asrama Haji Donohudan, hasil tes usap PCR jamaah haji Kloter 18 Debarkasi Solo dari Sleman negatif COVID-19 semua
Sleman (ANTARA) - Jamaah haji asal Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 18 Debarkasi Solo telah tiba di Tanah Air pada Kamis (29/7) dan hasil tes usap reaksi berantai polimerase (PCR) terhadap 385 haji itu negatif COVID-19.

"Informasi dari Asrama Haji Donohudan, hasil tes usap PCR jamaah haji Kloter 18 Debarkasi Solo dari Sleman negatif COVID-19 semua, sehingga mereka langsung bisa pulang ke rumah masing-masing," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman Makwan di Sleman, Jumat.

Kedatangan jamaah haji Kloter 18 Debarkasi Solo asal Sleman tersebut disambut hangat keluarga di Masjid Agung Dr Wahidin Soedirohoesoedo Sleman.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa ikut menyambut secara langsung rombongan pertama yang tiba di Kabupaten Sleman tersebut.

Baca juga: Sleman serahkan kembali selter COVID-19 Asrama Haji ke Kemenag DIY

Pada kesempatan itu, jamaah diarahkan untuk berkumpul terlebih dahulu di Masjid Agung Sleman untuk memastikan keamanan dan keselamatan.

Selain itu, untuk menghindari kerumunan penjemput, pihak keluarga yang hadir pun diwajibkan datang membawa surat undangan yang telah dibagikan sebelumnya.

Wakil Bupati Danang Maharsa turut menyapa jamaah haji yang datang dengan mengucapkan selamat datang dan menyampaikan ungkapan syukur atas kembalinya jamaah haji asal Sleman dalam keadaan sehat.

Baca juga: 254 jamaah calon haji Sleman-DIY dilepas menuju Tanah Suci

Meski begitu, ia menjelaskan terdapat satu haji yang belum tiba karena harus mendapatkan perawatan di Rumah Sakit di Klaten, Jawa Tengah.

"Atas nama pribadi dan Kabupaten Sleman kami mengucapkan selamat datang kepada bapak ibu semua. Sebanyak 385 haji Kloter 18 Solo telah kembali dalam keadaan selamat dan sehat. Kami juga memohon doa, karena terdapat 1 haji yang masih mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Klaten," kata Danang.

Pada tahun 2022, sebanyak 555 haji Kabupaten Sleman telah melaksanakan rukun Islam kelima yang terbagi dalam tiga kloter.

Rencananya, pemulangan jamaah haji selanjutnya, yaitu Kloter 21 pada Sabtu 30 Juli 2022. Sedangkan untuk rombongan terakhir, direncanakan akan tiba pada Minggu 14 Agustus 2022.

Baca juga: Kuota Haji 2022 Kabupaten Sleman sebanyak 549 jamaah
 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022