Jakarta (ANTARA) - Berbagai berita ekonomi menarik disiarkan LKBN ANTARA selama sepekan sejak Senin (25/7/2022) hingga Sabtu (30/7/2022), mulai dari Presiden Jokowi perjuangkan isu akses pasar dalam kunjungannya ke Tiongkok hingga Kepala Negara mendorong investasi dari Korea Selatan (Korsel) untuk industri mobil listrik Tanah Air.

Berikut berita ekonomi yang masih menarik untuk dibaca


Jokowi perjuangkan isu akses pasar dalam kunjungan di Tiongkok

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memperjuangkan isu akses pasar dalam pertemuannya dengan Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok (Premier) Li Keqiang dan Presiden Xi Jinping, secara terpisah, di Beijing, Tiongkok, Selasa.

"Bapak Presiden baru saja menyelesaikan pertemuan dengan Premier Li Keqiang dengan Presiden Xi Jinping (secara terpisah). Bapak Presiden dalam pertemuan memperjuangkan isu akses pasar," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan yang dipantau secara daring dari Jakarta, Selasa malam.

Baca selengkapnya

Menteri PUPR tinjau kota cerdas di Korsel untuk diterapkan di IKN

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau implementasi kota baru dan kota cerdas (Smart City) di Korea Selatan yang dapat menjadi contoh bagus untuk diterapkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Peninjauan itu dilakukan Menteri Basuki saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja ke negeri ginseng itu pada Kamis (28/7), sebagaimana keterangan tertulis Kementerian PUPR yang diterima di Jakarta, Jumat.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Kota Khusus Otonom Sejong dan secara de facto merupakan Ibu Kota Administratif Korsel. Kota Sejong dibangun dengan filosofi desentralisasi dan pemerataan pertumbuhan.

Baca selengkapnya


Laba bersih Bank Mandiri melesat 61,7 persen jadi Rp20,22 triliun

PT Bank Mandiri Tbk atau Bank Mandiri membukukan laba bersih sebesar Rp20,22 triliun pada semesteri I-2022 atau melesat 61,7 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy).

"Bank Mandiri mencatatkan kinerja keuangan progresif sampai kuartal II dan berhasil menjadi grup keuangan terbesar yang memberikan kontribusi besar terhadap ekonomi," kata Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi dalam Konferesi Pers Paparan Kinerja Bank Mandiri Kuartal II 2022 di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya


KSP sebut percepat gunakan mobil listrik dimulai para menteri

Kantor Staf Presiden RI menyatakan percepatan penggunaan kendaraan dinas bertenaga listrik di lingkungan pemerintah dimulai dari para menteri, kemudian secara bertahap instansi pemerintah, TNI dan Polri.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjelaskan bahwa Kementerian Perhubungan sudah membuat peta jalan transisi penggunaan mobil konvensional ke mobil listrik secara bertahap.

"Dimulai dari menteri. Kemenhub sudah membuat contoh 'pilot project', sementara ini masih rental. Bagaimana transisi penggunaan mobil konvensional ke mobil listrik bertahap 'by year' ditujukan pada instansi pemerintah, TNI, Polri," kata Moeldoko saat ditemui di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya


Presiden Jokowi dorong investasi Korsel di industri mobil listrik RI

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendorong investasi dari Korea Selatan (Korsel) untuk pembangunan ekosistem mobil listrik di Indonesia.

“Dalam pertemuan dengan Presiden Yoon, secara khusus saya mendorong investasi dari Korea terutama di bidang percepatan pembangunan ekosistem mobil listrik di Indonesia, termasuk proyek industri baterai terintegrasi dengan pertambangan dan industri baja otomotif untuk kendaraan listrik,” kata Jokowi dalam konferensi pers bersama Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol Suk-yeol di Seoul, Korea Selatan, Kamis, yang disiarkan Biro Pers Sekretariat Presiden dan dikutip di Jakarta.

Baca selengkapnya​​​​​​​

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022