Ini tidak hanya untuk memperingati HDKD ke-77 tetapi ini adalah bentuk pengabdian jajaran kepada masyarakat
Kendari (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara melaksanakan bakti sosial donor dalam rangka menyambut Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) 2022 atau hari lahir ke-77.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra Silvester Sili Laba di Kendari, Ahad, mengatakan bahwa kegiatan sosial tersebut merupakan bentuk kepedulian jajarannya kepada masyarakat dalam peringatan HDKD 2022.

"Dalam rangka menyukseskan HDKD ke-77, Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra bersama seluruh jajaran melakukan kegiatan bakti sosial donor darah demi kemanusiaan," katanya.

Menurutnya, donor darah menjadi wadah untuk meningkatkan kepedulian sosial terhadap sesama dan untuk mencukupi kebutuhan darah bagi masyarakat yang memerlukan.

Baca juga: Kemenko PMK motivasi TPPS Sultra percepat penurunan stunting

"Ini tidak hanya untuk memperingati HDKD ke-77 tetapi ini adalah bentuk pengabdian jajaran kepada masyarakat," ujar dia.

Kegiatan donor darah Kemenkumham Sultra beserta seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) dengan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) setempat berhasil menyumbangkan 90 kantong darah yang terdiri 64 kantong dari jajaran Kemenkumham di Kota Kendari serta 26 kantong darah dari jajaran yang ada di luar Kota Kendari.

"Untuk wilayah Kota Kendari kegiatan donor darah diikuti petugas kantor wilayah, Lapas IIA Kendari, Kanim I TPI Kendari, Rutan IIA Kendari, LPKA II Kendari, LPP III Kendari, BAPAS II Kendari, Rupbasan I Kendari, anggota DWP dan PIPAS Sulawesi Tenggara dan Rutan Raha," jelas dia.

Baca juga: Penerima vaksinasi booster di Kendari capai 45.392 jiwa

Sedangkan untuk wilayah di luar Kota Kendari donor darah dilaksanakan di Lapas IIA Baubau yang diikuti petugas Lapas IIA Baubau, Bapas II Baubau, Kanim II Baubau, pegawai BNNK Baubau dan personel Kodim Baubau.

"Terima kasih kepada seluruh pegawai, stakeholder dan juga masyarakat yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini," kata Silvester.

Berdasar SK Menkumham Nomor M.MH-2.OT.01.03 Tahun 2021 tanggal 26 Oktober 2021, secara resmi Hari Lahir Kemenkumham yang selanjutnya disebut HDKD ditetapkan diperingati setiap 19 Agustus setiap tahunnya. Keputusan itu berlaku efektif mulai 1 November 2021 serta mencabut Keputusan Menteri Kehakiman Tahun 1985.

Baca juga: BMKG sebut sebagian wilayah Sultra potensi diguyur hujan lebat

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022