mereka ini keren-keren dan akan sangat bermanfaat bagi semua pihak
Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur siap menyokong dan berkolaborasi dengan "Pemuda Wirausaha Take Off" sebagai upaya pemulihan ekonomi, terutama di masa pandemi COVID-19.

"Kami siap bersinergi. Mereka ini keren-keren dan akan sangat bermanfaat bagi semua pihak," ujar Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak di Surabaya, Ahad.

Proses "inkubasi bisnis" Pemuda Wirausaha telah mencapai tahap akhir, dan tersaring 10 pebisnis muda yang lolos seleksi dari 150 peserta.

Para peserta terpilih mempresentasikan hasil mentoring selama setahun terakhir di hadapan para mentor, investor, serta Wagub Jatim.

Baca juga: Simon Tabuni wirausaha muda Papua lulusan Inggris yang tolak jadi PNS
Baca juga: Dispora siap beri pelatihan kewirausahaan kepada 2.000 pemuda Kaltim

Emil Dardak bahkan menyampaikan akan mempertemukan para pebisnis muda tersebut dengan beberapa dinas-dinas terkait, pemangku kebijakan, hingga pemodal.

"Nanti saya hubungi ‘japri’ (jaringan pribadi melalui chat WhatsApp) secara satu per satu agar bisa berkolaborasi," ucap orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut.

Mantan Bupati Trenggalek itu berharap para lulusan program pemuda wirausaha ini juga mampu menginspirasi dan menjadi berkah untuk masyarakat sekitarnya.

Sementara itu, salah seorang peserta, Rozakul Anam (25), berterima kasih kepada Pemprov Jatim karena dukungan tersebut mampu membuatnya menjadi lebih berguna.

"Support penuh dari Pak Emil dan Pemprov Jatim ini perlu diapresiasi dan disiarkan ke daerah-daerah supaya bisa dirasakan serta dilanjutkan insan muda yang ingin mewujud nyatakan mimpi mereka," kata dia.

"Dukungan dari semua pihak akan kami sampaikan. Kalau orang Jawa bilang, ‘gethok tular’ atau menjadi perpanjangan lidah untuk kabar baik ini, termasuk supaya program tetap berlanjut," tuturnya menambahkan.

Baca juga: Kemenko Perekonomian perkuat ekosistem wirausaha pencipta nilai tambah
Baca juga: Deputi Kemenpora sebut wirausaha muda soko guru kemandirian bangsa

Di sisi lain, Emil Dardak juga menyatakan dukungannya melalui reformasi sistem teknologi di berbagai bidang yang dapat diinisiasi oleh generasi muda se-Jatim.

Ia menyebutkan, reformasi sistem teknologi dapat diterapkan di berbagai bidang di Jatim, seperti pemerintahan, medis, dan industri.

Suami Arumi Bachsin itu lantas optimistis bahwa penguasaan teknologi generasi muda Jatim dapat membangkitkan kembali perekonomian “Bumi Majapahit” di momen pemulihan COVID-19.

Baca juga: Airlangga: Digitalisasi kesempatan pemuda optimalkan peluang wirausaha
Baca juga: Kemenpora siap dukung ekosistem bantu pemuda kembangkan wirausaha

 

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022