Solo (ANTARA) - Atlet para-bulu tangkis Dheva Anrimusthi berharap emas pertama Kontingen Indonesia dari nomor beregu putra menjadi pelecut semangat atlet Merah Putih untuk mendulang pundi-pundi medali dalam ASEAN Para Games (APG) 2022.

Dheva menjadi penyempurna kemenangan Indonesia atas Thailand pada laga terakhir di Edutorium UMS, Solo Jawa Tengah, Minggu, dengan skor 3-0.

Hasil itu sekaligus memastikan emas pertama untuk Merah Putih dalam pesta olahraga disabilitas terbesar di Asia Tenggara edisi ke-11 tersebut.

"Pastinya bangga bisa menyumbang emas pertama untuk Indonesia dan saya berharap prestasi ini memotivasi atlet Indonesia lainnya untuk meraih medali lainnya," kata Dheva kepada ANTARA seusai pertandingan.

Baca juga: Indonesia raih emas pertama APG 2022 dari para bulu tangkis

Dheva yang turun pada partai ketiga tunggal putra SU5 mengunci kemenangan atas wakil Thailand Somsiri Pricha dengan skor 21-4, 21-8. Sebelumnya, Indonesia mendulang poin berkat kemenangan dua wakil lainnya.

Pada tunggal putra SL4 Fredy Setiawan mengalahkan wakil Thailand Kitichokwattana Chawarat dengan skor 21-19, 21,12.

Kemudian wakil selanjutnya yakni ganda putra Hafizh Briliansyah Prawiranegara (SU5)/Harry Susanto (SL4) tanpa kesulitan mengalahkan ganda putra Thailand Chok-Uthaikul Watcharaphon/Teamarrom Siripong dua gim langsung 21-13, 21-13.

"Bagi saya pribadi, kemenangan ini menjadi modal untuk pertandingan selanjutnya. Saya akan turun pada nomor perseorangan nomor tunggal putra dan ganda putra," ujar Dheva menambahkan.

Baca juga: GOR Nanggala siap jadi saksi Piala Presiden bulu tangkis perdana

Hal senada juga diungkapkan Fredy Setiawan yang menyebut kemenangan ini menjadi modal untuk mengarungi laga-laga di ASEAN Para Games 2022.

"Medali emas pertama dan tentu saja saya senang bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Ini menjadi motivasi saya untuk turun pada nomor perseorangan nanti," ujar Fredy.

Pada nomor beregu putra Indonesia menurunkan enam wakil yakni, Dheva Anrimusthi, Fredy Setiawan, Harry Susanto, Hafizh Briliansyah Prawiranegara, Ukun Rukaendi, dan Suryo Nugroho.

Pertandingan para-bulu tangkis akan berlanjut dengan nomor perseorangan dari berbagai sektor dan klasifikasi.

Baca juga: Tim basket Indonesia rebut perunggu setelah kalahkan Kamboja 9-5

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2022