Jakarta (ANTARA) - Pasar kendaraan penumpang China mencatatkan pemulihan tajam pada Juni 2022, yang didukung oleh paket stimulus konsumen yang kuat negara itu, menurut sebuah laporan dari Fitch Ratings.

"Pemulihan kuat tersebut kemungkinan akan berlanjut hingga kuartal ketiga 2022 dari level yang lemah pada tahun lalu akibat kekurangan parah mikrocip," sebut laporan itu.

Pada bulan lalu, pengiriman grosir kendaraan penumpang melonjak 42 persen secara tahunan (yoy), sedangkan penjualan ritel naik 22 persen dari setahun lalu, sebagian dikarenakan beberapa pesanan yang tertunda sejak Mei dan permintaan front-loaded (front-loaded demand) sejak Juli, papar laporan tersebut lebih lanjut.

Ekspor kendaraan penumpang China terus tumbuh pesat sebesar 40 persen (yoy) pada kuartal kedua 2022, sebagai hasil dari permintaan luar negeri yang kuat untuk kendaraan listrik dan bottleneck pasokan di kawasan lain.

Meskipun terjadi perlambatan pada April dan Mei di tengah penangguhan produksi dan bottleneck rantai pasokan, pengiriman kendaraan listrik negara itu meningkat dua kali lipat dari setahun lalu pada kuartal kedua, menyumbang lebih dari 26 persen untuk kendaraan penumpang.

Data resmi menunjukkan bahwa penjualan kendaraan energi baru di China pada Juni menyentuh rekor tertinggi dengan 596.000 unit, melonjak 1,3 kali lipat dari bulan yang sama tahun lalu. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022