sistem yang terbangun ini dapat terus dilanjutkan untuk menjaga  pembangunan mental dan kesadaran berbangsa bernegara yang kondusif 
Kota Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat meluncurkan laman Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi peraturan daerah dan produk hukum lain.

Wali Kota Bogor, Bima Arya saat peluncuran  JDIH Kota Bogor di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Senin, website tersebut ke depan akan terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lain yang telah diluncurkan pemerintah.
 
“Apresiasi saya atas inisiatif yang telah dilakukan, ini tentu bukan awal karena ada kebutuhan untuk mengintegrasikan di aplikasi-aplikasi yang lain dan yang utama harus 'user friendly' bagi warga yang membutuhkan," kata Bima.
 
Bima berharap sistem yang terbangun ini dapat terus dilanjutkan untuk menjaga  pembangunan mental dan kesadaran berbangsa bernegara yang kondusif  sesuai Pancasila dan UUD 1945.
 
Penyebarluasan informasi hukum yang akurat di Kota Bogor melalui JDIH sudah dilakukan dua kali berturut-turut sejak tahun 2020 dan mendapat apresiasi dari Kantor Wilayah Kumham Jawa Barat dengan predikat terbaik 1.
 
Bima Arya memaparkan telah ada inovasi fitur-fitur baru pada website JDIH untuk peningkatan layanan informasi produk hukum daerah, layanan bantuan hukum gratis bagi warga serta layanan informasi dokumen kebijakan.
 
Fitur-fitur baru yang disediakan berupa pendampingan hukum, pengajuan produk hukum daerah yang lebih cepat, transparan dan terintegrasi dengan Biro Hukum Provinsi. Fitur tambahan lain, ada pula perpustakaan elektronik yang berisi jurnal dan kebijakan terbaru di Kota Bogor.

Kepala Pusat JDIH Nasional Kemenkumham, Nofli mengatakan website tersebut merupakan salah satu cara dalam mengintegrasikan data yang menginduk pada Biro Hukum Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Tadi saya sudah melihat secara langsung terkait apa yang dilakukan Bagian Hukum dan HAM. Melalui website JDIH Kota Bogor, masyarakat tidak perlu lagi datang untuk bertemu dengan pejabat terkait, bisa langsung buka webnya dan klik regulasi mana yang ingin dilihat atau dibutuhkan secara mudah, cepat dan akuntabel,” kata Nofli.
Baca juga: Cheesy pie, oleh-oleh baru dari kota Bogor
Baca juga: Polresta Bogor tangkap pengedar ganja modus kotak kue biskuit
Baca juga: Bima Arya kenalkan jalur lari pagi Kota Bogor ke Ganjar Pranowo

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022