vaksinasi penguat kedua untuk tenaga kesehatan ini merupakan yang pertama dilakukan di Kota Kudus
Kudus (ANTARA) - Tenaga kesehatan di Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus, Jawa Tengah, mulai menerima vaksin COVID-19 dosis penguat sebagai upaya menghindari ancaman gelombang keempat virus corona yang mulai muncul di beberapa daerah di Tanah Air.

Menurut Direktur Utama RS Mardi Rahayu Kudus Pujianto di Kudus, Selasa, jumlah tenaga kesehatan yang nantinya menjalani vaksinasi ada sekitar 1.300 orang.

Sementara target penyuntikan vaksin corona setiap harinya, kata dia, berkisar 224 orang, sehingga dalam waktu enam hari dimungkinkan bisa selesai.

Jenis vaksin yang digunakan, kata dia, jenis moderna dan pemberiannya setengah dari dosis pertamanya.

"Kegiatan vaksinasi penguat kedua untuk tenaga kesehatan ini merupakan yang pertama dilakukan di Kota Kudus," ujarnya.

Baca juga: Nakes di Yogyakarta segera peroleh vaksinasi COVID-19 booster kedua
Baca juga: Dinkes sebut 24 ribu nakes di Bandung jadi sasaran vaksinasi keempat

Sementara percepatan tersebut, kata dia, agar seluruh tenaga kesehatan di RS Mardi Rahayu mendapat proteksi tambahan saat menunaikan tugasnya melayani masyarakat di tengah-tengah pandemi COVID-19.

"Usai mendapatkan suplai vaksin dari Dinas Kesehatan Kudus, RS Mardi Rahayu segera melaksanakan vaksinasi dosis penguat kedua ini untuk para nakes," ujarnya.

Pemberian vaksinasinya, kata dia, dilakukan bertahap, sebagai antisipasi ketika ada nakes yang terkena KIPI dan perlu istirahat, masih ada nakes yang bertugas sehingga pelayanan di rumah sakit tetap jalan.

Ia mengajak masyarakat Kudus tetap menerapkan protokol kesehatan. Jika ada keluhan, jangan tunda periksa ke dokter atau ke rumah sakit terdekat.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus mencatat jumlah tenaga kesehatan yang akan mendapatkan vaksin COVID-19 dosis penguat sebanyak 6.500 orang. 

Baca juga: Dinkes Kepri sasar 14.000 nakes dapat vaksinasi COVID-19 booster kedua

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022