Jakarta (ANTARA) - Puskesmas Kecamatan Kramat Jati menggelar kegiatan vaksinasi COVID-19 dosis penguat (booster) tahap kedua bagi tenaga kesehatan (nakes) di wilayah tersebut.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Inda Mutiara mengatakan berdasarkan data di wilayahnya terdapat sekitar 8.000 tenaga kesehatan.

Baca juga: Puskesmas Kelurahan Cilangkap lakukan jemput bola vaksinasi "booster"

"Karena di kami ada beberapa rumah sakit besar yang banyak nakesnya, klinik-klinik juga di kecamatan kami," kata Inda Mutiara di Jakarta, Rabu.

Inda menambahkan pelaksanaan vaksinasi booster tahap kedua itu juga diberikan kepada warga yang bekerja di fasilitas kesehatan.

"Intinya ini tidak hanya untuk tenaga kesehatan. Kan kita juga punya front line seperti petugas kebersihan, administrasi, itu juga bagian dari pekerja di fasilitas kesehatan," ujar Inda.

Pada Rabu ini, Inda menuturkan terdapat 75 tenaga kesehatan yang menerima vaksinasi booster kedua di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati.


Baca juga: 700.000 tenaga kesehatan DKI ditargetkan terima "booster" tahap dua

Terdapat beberapa jenis vaksin COVID-19 yang digunakan untuk booster tahap kedua, seperti Pfizer, Moderna, hingga Sinopharm.

"Hari ini vaksinatornya hanya satu tim saja karena sudah by sistem juga kan cepat," ucap Inda.

Inda menyatakan pelaksanaan vaksinasi booster kedua itu akan terus dilakukan hingga seluruh tenaga kesehatan di wilayahnya mendapat vaksinasi booster kedua.

"Harapannya semua nakes yang memenuhi syarat dapat segera divaksin empat ya," tutur Inda.

Baca juga: Anies nyatakan belum puas dengan capaian vaksinasi booster di Jakarta

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022